www.warnariau.com
Gugatan Yayasan Majelis Rakyat Riau Terhadap PT Padasa Digelar di PN Bangkinang Esok Kamis
Selasa, 11/02/2020 - 21:56:05 WIB
(Foto: Rusdinur SH MH)

PEKANBARU,WARNARIAU.COM  - Gugatan Yayasan Majelis Rakyat Riau (MRR) terhadap PT Padasa Enam Utama digelar Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang besok, Kamis (13/2). Sebelumnya, Yayasan MRR telah melayangkan gugatan terhadap PT Padasa atas dugaan pembabatan hutan lindung Bukit Suligi, Kabupaten Kampar. Ada 3.500 hektar lahan yang diduga ilegal dan digarap oleh pihak perusahaan.

Hal itu dikemukakan Ketua Yayasan MRR Suhardiman Ambi kepada wartawan, Selasa (11/02/2020). Kata dia, tindakan yang diduga dilakukan oleh perusahaan sangat merugikan negara. Apalagi, kawasan yang dijadikan kebun merupakan areal hutan yang pemanfaatannya telah diatur undang-undang.

"Jadi gugatan yang kami layangkan berdasarkan hasil temuan Pansus Monitoring DPRD Riau beberapa tahun lalu. Dimana ada 1.4 juta hektar lahan ilegal. Nah 3.500 hektar diantaranya digarap oleh PT Pasasa Utama di areal Bukit Suligi," sebut Suhardiman. 

Mantan Ketua Pansus Monitoring DPRD Riau itu juga menuturkan gugatan telah dilayangkan pihaknya ke pengadilan setelah melaporkan dugaan pelanggaran oleh perusahaan kepada instansi terkait. Lantaran tidak ada tindak lanjut, pihaknya memilih melakukan gugatan. Pihaknya mengaku siap menjabarkan seluruh bukti temuan di hadapan majelis hakim ketika sidang nanti. 

"Karena dia sudah merambah hutan, kemudian menampung hasil perkebunan dari kawasan hutan kami minta izin operasional dicabut, dihentikan. Pabrik ditutup. Karena melanggar UU amdal. Mereka selama puluhan tahun menampung buah di kawsan hutan," tegasnya.

Terpisah, Direktur Utama PT Padasa Enam Utama Novriaty Hilda Sibuea saat dikonfirmasi Riau Pos mengaku belum bisa memberikan komentar atas gugatan tersebut. Karena, ketika hal tersebut sudah berpekara di pengadilan pihaknya bakal memberi klarifikasi setelah perjalanan persidangan berlangsung.

"Kalau sudah dalam bentuk berperkara sebaiknya diklarifikasi setelah perjalanan perkara atau sudah memiliki kekuatan hukum. Kalau gugatan, saya ga bisa bicara apa-apa. Nanti perjalanan sidang yang buktikan," pungkasnya.

Ditempat terpisah, Rusdinur SH MH selaku kuasa hukum Yayasan Majelis Rakyat Riau (MRR) mengatakan, kita sudah siap menghadapi persidangan kamis esok, nah di pengadilan nanti kita akan yakinkan pak hakim yang pimpin sidang nanti bahwa kita minta keadilan ini semata mata untuk kepentingan orang banyak pada umum nya masyarakat Riau," ucap pengacara lulusan pesantren ini kepada warnariau.

Jadi saya sangat siap hadapi persidangan nanti, mohon doa ya agar dalam sidang nanti berjalan lancar," cetus Rusdinur SH MH dengan penuh harap. (warnariau)



 
Berita Lainnya :
  • Gugatan Yayasan Majelis Rakyat Riau Terhadap PT Padasa Digelar di PN Bangkinang Esok Kamis
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    6 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    7 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    8 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    9 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    10 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved