www.warnariau.com
Di Debat Kedua, Rakyat Diyakini Bisa Nilai Capres yang Kuasai Materi
Senin, 18/02/2019 - 07:05:40 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM - Penguasaan materi masing-masing capres baik Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto pada debat kedua dinilai lebih terlihat dari debat pertama. Direktur Konsultan Sosial, Ekonomi, dan Politik (Konsep) Indonesia Veri Muhlis Arifuzzaman menilai masyarakat bisa menentukan capres mana yang lebih menguasai materi.

"Saya melihat debat (kedua) ini lebih baik dari debat pertama. Pemirsa bisa menyimak detail materi debat dan segera dapat mengetahui siapa yang menguasai materi. Seperti biasa Pak Prabowo masih berpembawaan meledak-ledak, sementara Pak Jokowi terlihat lebih cool dan confident," kata Veri dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Minggu (17/2/2019).

Namun, menurut Veri, beberapa pertanyaan yang dilayangkan Prabowo ke Jokowi tidak berbasis data. Veri menyebut dalam debat kedua ini Jokowi lebih unggul karena pengalamannya.

"Ada beberapa pernyataan dari Prabowo yang bombastis dan tidak berpijak pada data yang segera dipatahkan justru dengan data yang akurat dari Pak Jokowi. Secara kualitas, di debat kedua ini Jokowi unggul. Itu karena posisinya sebagai petahana dan sudah bekerja," ujar Veri.

Veri juga menilai strategi yang diusung Prabowo dalam debat kedua sudah terbaca oleh Jokowi. Kritik-kritik seperti soal LRT Palembang, sebut dia, bisa dipatahkan oleh capres petahana.

"Dari sisi persiapan, tampak sekali kalau strategi debat Prabowo bisa dibaca Jokowi seperti saat Prabowo menyerang dengan isu LRT Palembang dan Bandara Kertajati langsung dijawab Jokowi dengan bernas dan tandas," jelasnya.

Veri menilai debat kedua tak akan terlalu berpengaruh terhadap peningkatan elektabilitas kedua capres. Bahkan, sambung Veri, dari debat kedua ini sudah bisa diprediksi pasangan mana yang akan memenangi Pilpres 2019.

"Secara elektoral, pemenang dari Pilpres 2019 ini sudah bisa diprediksi, ini bisa dikonfirmasi dengan berbagai survei yang dirilis lembaga survei kredibel. Jokowi sejauh ini masih unggul jauh dari Prabowo. Debat kedua hanya semakin menunjukkan pendukung Jokowi makin militan mendukung, demikian juga pendukung Prabowo makin menjadi strong supporter," papar Veri.

Diberitakan sebelumnya, terdapat beberapa momen menarik dalam debat capres kedua. Beberapa momen dimaksud di antaranya yakni saat Prabowo mengajak Jokowi menyudahi perdebatan tentang lubang-lubang menganga akibat aktivitas tambang. Bahkan ada juga momen saat Prabowo menegaskan pertanyaan soal unicorn ke Jokowi. (detik)



 
Berita Lainnya :
  • Di Debat Kedua, Rakyat Diyakini Bisa Nilai Capres yang Kuasai Materi
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    2 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    3 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    4 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    5 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    6 Sekdes Desa Buluhcina Jarang Masuk Kantor, Ini Tanggapan Kades
    7 Dua Pelaku Pemerkosa dan Pemenggal Kepala di Siak Ditangkap
    8 Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
    Polda Riau Bekuk 4 Polisi Pengedar Narkoba
    9 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    10 Jadi Pengemis & Ditangkap Dinsos Jakarta, Marshanda Tidak Malu Mengakui Orang Ini Ayahnya
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved