www.warnariau.com
Jika Diminum di Pagi Hari Ini Manfaat Teh untuk Kesehatan
Rabu, 16/10/2019 - 10:38:54 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM - Manfaat teh untuk kesehatan sangat beragam. Penelitian terbaru mengungkap minum beberapa cangkir teh tiap hari bisa tingkatkan daya tahan tahan tubuh.

Teh adalah minuman yang mengandung kafein sama seperti kopi. Namun jika kopi berasal dari biji kopi, teh berasal dari daun teh. Cara membuatnya dengan menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang telah mengalami proses pengeringan. Teh terdiri dari berbagai macam jenis yaitu teh hitam, teh hijau, teh oolong, dan teh putih.

Manfaat teh untuk kesehatan sudah terbukti sejak dulu. Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau senang mengonsumsi makanan tinggi lemak adalah orang yang paling diuntungkan saat meminum teh.

Karena menurut penelitian pada awal tahun ini, teh dapat menurunkan kolesterol dan teknanan darah. Sekarang penelitian mengungkapkan jika teh dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan bakteri yang hidup di usus.

Para peneliti menganalisis hasil dari 24 percobaan dan menemukan bahwa peminum teh memiliki tingkat "bakteri baik" yang lebih tinggi untuk melindungi masalah kesehatan yang terkait dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan peradangan. Firmicutes memainkan peran kunci dalam mengekstraksi energi dari makanan, dan lebih cenderung menambah berat badan jika kadarnya tinggi.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal gizi dan sebagian besar manfaat tersebut terlihat pada teh hijau. Namun teh hitam yang paling umum dikonsumsi di Inggris menunjukkan manfaat yang sama.

Dr Tim Bond dari Tea Advisory Panel mengatakan, "Temuan ini masih terbilang baru, tetapi implikasi potensial bagi kesehatan sangat besar," Bond juga menambahkan, "Sekarang ada semakin banyak bukti yang menunjukkan minum teh dapat membantu memulihkan keseimbangan bakteri usus yang sehat. Dengan hal ini bisa mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi kita terhadap penyakit."

Selama ini diketahui kalau serat sangat baik bagi pencernaan, namun jika Anda sedang tidak ingin mengonsumsi serat ternyata ada cara lain yaitu dengan meminum secangkir teh juga dapat melakukannya dengan efektif.

Sebuah penelitian menemukan meminum dua cangkir kecil teh hijau per hari selama dua minggu bisa memperbaiki bakteri usus dalam jangka panjang serta menurunkan peradangan yang terjadi. Percobaan lain menemukan minum hanya di bawah tiga gelas setiap hari selama 10 hari meningkatkan kadar bifidobacterium, bakteri baik yang digunakan dalam yoghurt dan minuman probiotik.

Zat yang disebut polifenol dalam teh tampaknya memberikan bahan bakar untuk bakteri baik yang dapat membantu mengurangi firmicutes. Dr Emma Derbyshire seorang Ahli gizi kesehatan masyarakat mengatakan, "Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki tingkat firmicutes yang lebih tinggi dan kami menemukan sejumlah penelitian yang mengonfirmasi teh memiliki dampak positif pada rasio ini."(detik)



 
Berita Lainnya :
  • Jika Diminum di Pagi Hari Ini Manfaat Teh untuk Kesehatan
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    6 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    7 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    8 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    9 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    10 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved