www.warnariau.com
5 Kulit Buah Ini Bisa Dimanfaatkan Untuk Perawatan Kulit dan Manisan
Kamis, 11/06/2020 - 08:27:40 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM - Alih-alih membuang ke tempat sampah, lebih baik manfaatkan kulit buah untuk beberapa keperluan sehari-hari saja.

Kebanyakan orang ketika makan buah adalah mengambil daging buahnya dan membuang kulitnya. Padahal ada beberapa buah yang kulitnya dapat dimanfaatkan dan bahkan berkhasiat juga untuk kesehatan.

Buah-buahan tersebut ada pisang, jeruk, lemon, alpukat hingga grapefruit. Memanfaatkan kulit buah ini juga dapat mengurangi sampah.

Dilansir dari Insider (27/05) berikut berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari beberapa kulit buah, mulai dari untuk kecantikan hingga untuk kesehatan.

1. Kulit Pisang

Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan sepatu. Caranya mudah, cukup menyemirkan saja kulit pisang ke bagian lapisan luar sepatu. Kemudian lap bersih dengan kain.

Cara tersebut akan membuat sepatumu tampak lebih bersih dan berkilau. Selain itu, kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tanaman khususnya pada daun agar tidak kusam.

Caranya sama, yaitu dengan melapisi bagian dalam kulit ke daun tanaman. Setelah itu lap bersih. Kulit pisang juga mengandung kalium tinggi sehingga bagus untuk tanaman.2. Kulit Alpukat

Bukan hanya daging buahnya saja, kulit buah alpukat pun dapat dimanfaatkan untuk urusan kecantikan kulit. Caranya cukup gosokkan bagian dalam kulit pada kulit kamu sampai rata.

Kemudian diamkan selama sekitar lima menit, baru setelah itu bilas dengan air bersih. Kulit buah superfood ini bagus untuk kulit. Caranya, gosokkan bagian dalam kulit alpukat ke kulit pada tubuh dapat membantu mengelupas kulit kering kamu.

3. Kulit Lemon

Nutrisi baik tidak hanya pada buah lemon saja, tetapi juga ada pada kulitnya. Kulit buah lemon mengandung konsentrasi asam sitrat yang tinggi dan aroma yang menyegarkan.

Manfaat kulit lemon bisa untuk membersihkan dapur dan kamar mandi, seperti yang pernah dipraktekkan oleh DIY Natural. Cukup gosokkan kulit lemon di dinding, pintu, atau wastafel.

Lalu bilas sampai bersih. Selain itu, masukkan potongan-potongan kulit yang lebih kecil ke tempat pembuangan sampah atau taruh pada wastafel untuk menghilangkan bau tidak sedap.
4. Kulit Grapefruit

Daging buah grapefruit memiliki manfaat untuk kesehatan karena berkhasiat menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Karenanya buah ini disebut sebagai salah satu superfood meskipun rasanya agak pahit.

Manfaatnya tidak hanya diberikan pada daging buahnya, tetapi juga pada kulitnya. Kulit buah grapefruit dapat diolah menjadi teh yang kaya serat. Untuk membuat teh dari kulit buah grapefruit, cukup rebus potong-potong kulit, lalu dalam air dan biarkan mendidih selama 15 menit. Tambahkan madu untuk menambah rasa.

5. Kulit Jeruk

Jangan dibuang! kulit jeruk juga dapat dimakan. Alih-alih membeli permen karet, olah saja kulit jeruk jadi permen. Cara membuatnya juga mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu kulit jeruk, 100 gram gula dan 355 ml air.

Caranya didihkan air dengan kulit jeruk yang sudah dipotong-potong. Lalu tuang airnya, lakukan sampai 3 kali untuk menghilangkan rasa pahit.

Kocok gula dengan 355 ml air. Didihkan selama 8 hingga 9 menit.

Tambahkan kulit jeruk dan didihkan perlahan selama sekitar 45 menit. Setelah diangkat, gulung kulit jeruk dalam gula dan keringkan di rak selama 4 hingga 5 jam. Permen kulit jeruk bisa langsung dimakan.

Selain permen, kulit jeruk dapat diolah jadi sirup. Bahan-bahannya 1 liter air, 227 gram gula dan kulit jeruk dari 3 buah. Didihkan semua bahan sampai gula larut. Setelah itu buang kulit jeruk dan cairannya pun dapat diminum.(detik)



 
Berita Lainnya :
  • 5 Kulit Buah Ini Bisa Dimanfaatkan Untuk Perawatan Kulit dan Manisan
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved