www.warnariau.com
DPRD Riau Telusuri Dugaan Limbah Minyak Cemari Aliran Sungai di Tahura
Rabu, 15/05/2019 - 16:21:13 WIB
Komisi 4 DPRD Riau tinjau lokasih limbah Cevron (foto: warnariau)

PEKANBARU,WARNARIAU.COM - Komisi IV DPRD Riau melakukan kunjungan ke lokasi Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim (Tahura SSK), Rabu (15/05)2019) untuk mengecek keberadaan limbah minyak yang diduga berasal dari PT Chevron Pasific Indonesia.

Dalam kegiatan sidak tersebut, rombongan Komisi IV DPRD Riau dipimpin oleh Asri Auzar turut didampingi anggota komisi IV DPRD lainya seperti Yurjani Moga, Masgaul Yunus, Syamsurizal, dan Manahara Manurung.

Menurut Asri Auzar, berdasarkan hasil tinjauanya di lokasi mendapati adanya paparan limbah di parit-parit, dan aliran sungai di sekitar Tahura.

"Kita hari ini mengecek ke lapangan, dan mendapati keberadaan limbah ini dan sudah coba ditutupi dengan terburu-buru sedalam 20 cm. Ini yang kita sesalkan, apakah respon seperti itu sesuai SOP penanganan limbah," ucap Asri.

Asri menambahkan, paparan limbah di lokasi Tahura cukup mengkawatirkan, sebab limbah B3 ditenggarai juga ikut mengotori area tempat pelatihan Gajah.

"Tadi kita sudah minta agar DLHK melakukan uji laboratorium terhadap komponen limbah yang didapati. Karena beberapa diantaranya ada limbah B3," tekannya.

Adapun PT CPI menyambut baik kunjungan tersebut dan menjelaskan tentang bagaimana pekerjaan di lokasi tersebut dijalankan dengan tetap memperhatikan kelestarian ekosistem.

Kegiatan dilaksanakan berdasarkan arahan dan persetujuan dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta dukungan dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3) KLHK, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau – UPT KPHP Minas Tahura, dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Menurut Manager Corporate Communications PT CPI Sonita Poernomo, pekerjaan lapangan di Tahura SSH meliputi identifikasi dan pekerjaan pendahuluan untuk mencegah meluasnya area yang terpapar. Tanah yang terpapar dimasukkan dalam kantong khusus dan dibawa ke fasilitas pengelolaan berizin yang telah disetujui.

"Intinya keselamatan dan perlindungan terhadap manusia dan lingkungan di Provinsi Riau merupakan prioritas utama kami. Sebagai kontraktor dari Pemerintah Indonesia, kami melaksanakan program pemulihan tanah terpapar dari operasi di masa lampau di Blok Rokan," jelasnya. 

Lebih lanjut Sonitha menyampaikan, Program pemulihan yang telah disetujui dan diarahkan oleh Pemerintah ini bertujuan mengelola dampak yang pada kebanyakan kasus terjadi sebelum praktik pengelolaan limbah diatur secara spesifik dalam hukum dan perundang-undangan di Indonesia.

Sebagai informasi, kunjungan Pihak Komisi IV DPRD Riau tersebut didasari dari laporan masyarakat yang mengkhawatirkan dmpak pencemaraan lingkungan di kawasan hutan lindung tersebut.

Sebelumnya, pihak Komisi IV DPRD Riau telah menggelar rapat dengar pendapat  bersama PT CPI dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan setempat untuk memintai keterangan terkait pencemaran limbah minyak tersebut. (warnariau/HD)



 
Berita Lainnya :
  • DPRD Riau Telusuri Dugaan Limbah Minyak Cemari Aliran Sungai di Tahura
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    2 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    3 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    4 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    5 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    6 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    7 Sekdes Desa Buluhcina Jarang Masuk Kantor, Ini Tanggapan Kades
    8 Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
    Polda Riau Bekuk 4 Polisi Pengedar Narkoba
    9 Dua Pelaku Pemerkosa dan Pemenggal Kepala di Siak Ditangkap
    10 Jadi Pengemis & Ditangkap Dinsos Jakarta, Marshanda Tidak Malu Mengakui Orang Ini Ayahnya
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved