www.warnariau.com
Pencuri Baut-Kabel Jembatan Siak IV Pernah Dipergoki Warga Tapi Kabur
Senin, 15/04/2019 - 15:18:21 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM - Tokoh masyarakat di bantaran sungai Siak mengutuk aksi pencurian baut di jembatan Siak IV di Pekanbaru. Warga sekitar akan turut membantu mengamankan dari aksi pencurian baut.

Pak Ujang itu sapaan akrabnya dari pemilik nama Jhoni Eris (64) wrga Jl Pesisir, Kecamatan Rumbai Pesisir. Rumah Pak Ujang ini tidak berada di sekitaran jembatan Siak IV yang posisinya di Kecamatan Rumbai Pesisir.

"Saya beberapa kali menyaksikan pencurian besi dan kabel antipetir di jembatan Siak ini. Beberapa kali saya tegur mereka pun pergi," cerita Ujang kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Cerita Ujang, kawasan jembatan ini memang rawan akan pencurian. Apa lagi malam hari tidak ada penerangan di bawah jembatan. Setidaknya dia sudah dua kali menggagalkan rencana aksi pencurian di posisi jembatan yang ada di sekitaran rumahnya itu.

"Saya pernah tegur orang yang akan menggali pondasi tiang jembatan. Mereka itu mau ambil besinya," kata Ujang.

Selain itu, Ujang juga pernah menggagalkan rencana pencurian kabel antipetir. Pelakunya saat itu berusaha membuka kabel yang terpasang di philon (tiang utama).

"Saya waktu itu melihat ada orang yang otak atik kabel antipetir itu. Saya tegur, nanti kami mati sendiri kesambar petir. Akhirnya orangnya pergi. Saya tak kenal orangnya," kata Ujang.

Menurut Ujang, secara pribadi dia siap untuk mengamankan kawasan jembatan yang berdekatan dengan rumahnya. Dia juga akan mengajak warga lainnya.

"Saya mengutuk keras atas tindakan aksi pencurian itu. Saya selama ini sering mengawasi tapi tentunya hanya pagi sampai sore saja. Kalau malam, tentulah saya tak mampu," kata Ujang.

Ujang memperkirakan, aksi pencurian baut dilakukan pada malam hari. Ini karena di bawah jembatan malam hari tanpa penerangan.

"Ya kalau bisa pemerintah memberikan penerangan di bawah jembatan agar mudah diawasi. Inikan gelap, kita kira juga orang pacaran di bawah jembatan, tak taunya malah pencuri," kata Ujang yang sudah menetap di kawasan itu sejak tahun 1969 lalu.

Sebagaimana diketahui, 100-an baut di jembatan Siak IV yang baru diresmikan Maret 2019 lalu itu banyak dicuri. Kondisi hilangnya baut jembatan tentunya bisa membahayakan konstruksi.

Namun pihak Dinas PUPR Riau saat ini sudah memesan baut penggantinya. Diperkirakan dua atau tiga hari ini baut tersebut sudah sampai di Pekanbaru. Kasus pencurian baut ini juga sudah dilaporkan ke pihak kepolisian. (detik)



 
Berita Lainnya :
  • Pencuri Baut-Kabel Jembatan Siak IV Pernah Dipergoki Warga Tapi Kabur
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    2 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    3 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    4 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    5 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    6 Sekdes Desa Buluhcina Jarang Masuk Kantor, Ini Tanggapan Kades
    7 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    8 Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
    Polda Riau Bekuk 4 Polisi Pengedar Narkoba
    9 Dua Pelaku Pemerkosa dan Pemenggal Kepala di Siak Ditangkap
    10 Jadi Pengemis & Ditangkap Dinsos Jakarta, Marshanda Tidak Malu Mengakui Orang Ini Ayahnya
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved