www.warnariau.com
Cegah Corona, MUI dan Gubernur Sumbar Minta Hentikan Salat Jumat Sementara
Jumat, 27/03/2020 - 07:15:58 WIB



PADANG, WARNARIAU.COM - Lima warga Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan positif terjangkit virus Corona (COVID-19). Agar tidak semakin berkembang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat mengeluarkan Maklumat dan Tausiyah yang mengimbau pelaksanaan salat jumat ditiadakan sementara, dan diganti dengan salat zuhur di rumah masing-masing.

Maklumat dan Tausiyah bernomor 003/MUI-SB/III/2020 itu dikeluarkan Kamis (26/3/2020) dan ditandatangani Ketua Umum MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar dan Sekjen Zulfan.

"Melihat kondisi semakin berjangkitnya COVID-19 di Sumatera Barat, sudah dapat diberlakukan ketentuan hukum poin 3 dan 4 Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Mewabahnya COVID-19," kata MUI dalam surat yang diterima wartawan.

Dua poin tersebut intinya umat Islam tidak boleh menyelenggarakan salat jumat di kawasan yang mengancam jiwa, sampai keadaan menjadi normal kembali, dan wajib menggantinya dengan salat zuhur di tempat masing-masing.

Memperkuat Maklumat dan Tausiyah tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengeluarkan surat bernomor: 080/182/Umum-2020 tanggal 26 Maret 2020. Irwan meminta Bupati dan Walikota agar berpedoman,mensosialisasikan,serta mengawasi pelaksanaan Maklumat dan Taushiyyah tersebut oleh masyarakat.

"Meniadakan penyelenggaraan salat jumat di masjid-masjid pada daerah-daerah berjangkitnya COVID-19 karena dikhawatirkan atau berpotensi mengakibatkan semakin mewabahnya penularan COVID-19, dan kepada jamaah untuk menggantinya dengan salat zuhur di rumah masing-masing," kata Irwan dalam suratnya.

Hal kedua adalah meniadakan salat fardhu berjama'ah di masjid/mushalla/surau di daerah tempat berjangkitnya wabah dan mengimbau umat untuk melaksanakannya di rumah masing-masing.

"Warga juga diminta tidak menyelenggarakan kegiatan pengajian dan kegiatan lainnya yang menghimpun orang banyak di masjid, mushalla atau surau. Kepada seluruh umat Islam dihimbau untuk membaca do'a qunut nadzilah di setiap salat fardhu," kata Irwan(detik)



 
Berita Lainnya :
  • Cegah Corona, MUI dan Gubernur Sumbar Minta Hentikan Salat Jumat Sementara
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    3 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    4 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    5 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    9 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    10 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved