www.warnariau.com
Pelayanan Publik Kota Pekanbaru Dalam Satu Genggaman
Senin, 06/09/2021 - 15:08:05 WIB
Dalam upaya merealisasikan Pekanbaru Smartcity Madani, Pemerintah Kota (Pemko) terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat

PEKANBARU, WARNARIAU.COM – Dalam upaya merealisasikan Pekanbaru Smartcity Madani, Pemerintah Kota (Pemko) terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Menjawab tantangan era revolusi industri 4.0, Pemko meluncurkan aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman.

Aplikasi ini adalah layanan kemudahan publik yang merangkum pelayanan masyarakat dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Layanan publik aplikasi digital ini merupakan lanjutan setelah sukses menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang pertama terintegrasi dan jadi percontohan terbaik se Indonesia.

Pemko melalui Diskominfo Kota Pekanbaru menyiapkan sistem informasi dan layanan digital terintegrasi yang disebut Pekanbaru Dalam Genggaman. Sistem Informasi dan Layanan informasi yang menghimpun seluruh aplikasi layanan dan informasi publik yang ada dalam lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.


Sistem ini memudahkan seluruh kalangan masyarakat terutama Kota Pekanbaru dan Riau, maupun nasional untuk mengakses informasi atau mendapatkan layanan dari Pemerintah Kota Pekanbaru yang meliputi urusan perizinan, nonperizinan, pengurusan identitas kependudukan, mendapatkan informasi investasi, ekonomi, perpajakan, retribusi, pendidikan, perdagangan, kesehatan, kepariwisataan hingga urusan kepegawaian, CCTV Kota Pekanbaru, dan informasi publik.

Semuanya bisa diakses dari satu sistem informasi dan layanan digital terintegrasi Pekanbaru Dalam Genggaman berbasis website dan android yang terkoneksi ke portal resmi Pemerintah Kota Pekanbaru www.pekanbaru.go.id.


“Sistem informasi digital terintegrasi ini merupakan upaya dari pemerintah menjadikan semua layanan publik menjadi satu pintu atau satu kali akses,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra melalui Kabid Pengelolaan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik Mawardi S.Ag, Minggu 5 September 2021.

Menurutnya, aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai informasi dan layanan Kota Pekanbaru. Awalnya, Pekanbaru Dalam Genggaman merupakan salah satu output dari aksi perubahan Kabid PLIKP Diksominfo Pekanbaru pada Diklat Pimpinan III Administrator. “Kami sangat mendukung aksi perubahan yang dilakukan oleh Kabid PLIKP ini,” katanya.

Nantinya, lanjut Mawardi, aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman akan menjadi sebuah inovasi daerah berkat dukungan dari Walikota Firdaus, Wakil Walikota Ayat Cahyadi, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil beserta Kadiskominfo, Kabid dan tenaga IT yang tersebar di berbagai OPD Pemerintah Kota Pekanbaru.

Walikota Dr. H Firdaus ST, MT, Wakil Walikota Ayat Cahyadi, S.Si dan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil, S.Ag, M.Ag

Masyarakat bisa men-download di apps playstore, bisa masuk ke segala bidang pelayanan, baik kependudukan, seperti KTP, KK, KTP rusak, akte kelahiran dan pernikahan. Begitu juga dalam hal perpajakan, masyarakat dapat mengakses informasi pajak melalui smart pajak, urusan kepegawaian dapat mengakses informasi pegawai dari sinergi/simpeg, dishub rekomendasi perhubungan, trayek, cctv sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru, wisata, peluang investasi, lowongan pekerjaan dari Disnaker, termasuk memantau aktivitas pendidikan dan kesehatan di Kota Pekanbaru.


“Semuanya bisa diakses di Pekanbaru dalam Genggaman. Aplikasi ini telah diluncurkan pada 2 September 2021. Pekanbaru dalam genggaman akan menjadi salah satu inovasi daerah pekanbaru yang akan berkelanjutan, dan akan masuk dalam renstra Diskominfo,” katanya.

Sistem Informasi dan Layanan Digital Terintegrasi “Pekanbaru dalam Genggaman banyak manfaat. Dimana dengan terintegrasinya seluruh sistem informasi dalam satu tempat maka akan membentuk jaringan kerjasama yang saling melengkapi antar stakeholder serta peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia di bidang

“Selain itu, juga semakin meningkatnya sistem diseminasi informasi kepada masyarakat luas dan mempercepat pelayanan publik dan kepegawaian,” sebutnya.

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT menyebutkan, kehadiran system informasi terintegrasi Pekanbaru Dalam Genggaman adalah inovasi terbaik mewujudkan informasi dan pelayanan yang muadh bagi masyarakat.

“Program ini juga adalah wujud dari visi dan misi Pemerintah Kota Pekanbaru untuk menciptakan Kota Smarcity Madani,” katanya. (Adv)




 
Berita Lainnya :
  • Pelayanan Publik Kota Pekanbaru Dalam Satu Genggaman
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved