www.warnariau.com
MUI Imbau Warga Tak Menggelar Salat Jumat dan Wirid di Masjid
Kamis, 26/03/2020 - 12:07:34 WIB



PEKANBARU, WARNARIAU.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat agar tidak menggelar salat Jumat dan Wirid di Masjid dan Mushala. Langkah ini diambil agar penularan dan penyebaran virus corona tidak menyebar dengan cepat.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) MUI Pekanbaru, Ilyas Husti dalam surat imbauannya, Rabu (25/3), menyampaikan, sikap dan imbauan bahwa virus corona merupakan musibah dari Allah SWT. Untuk itu diharapkan umat Islam tetap tenang, sabar, dan melakukan usaha-usaha preventif sebagai petunjuk dan saran pemerintah serta dokter dari tim medis.

"Dampak wabah virus corona semakin hari makin meningkat di Pekanbaru, baik dalam bentuk Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), termasuk satu pasien positif. Setiap hari, jumlah masyarakat yang terkena wabah ini terus meningkat. Bahkan cenderung tidak bisa dikendalikan," ujarnya.

Terhitung mulai 23 Maret, status Kota Pekanbaru dinyatakan tanggap darurat terhadap virus corona. Maka, warga Pekanbaru diimbau agar bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah sesuai instruksi Presiden.

"Selama status tanggap darurat, kami mengimbau seluruh pengurus masjid, musala, dan tempat-tempat ibadah lainnya untuk melakukan sterilisasi dengan cara membersihkan ruang ibadah dan lingkungannya, menggulung tikar, menyediakan sabun cuci tangan di kamar mandi dan tempat wudu, menyediakan hand sanitizer di setiap pintu masuk masjid, serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan di setiap sudut ruangan," pinta Ilyas.

Dalam status tanggap darurat virus corona ini, masyarakat juga diimbau agar tidak menggelar wirid, pengajian, peringatan hari-hari besar Islam, salat Jumat, dan kegiatan lainnya yang mempercepat penyebaran virus corona. Pengurus masjid dan musala diimbau untuk tetap mengumandangkan azan sebagai pertanda masuknya salat lima waktu.

Kepada masyarakat diharapkan tidak melakukan kegiatan di luar rumah, kecuali untuk keperluan mendesak. Masyarakat dianjurkan tetap di rumah dengan memperbanyak ibadah, zikir, dan membaca Alquran, membimbing anak-anak dan keluarga dalam melaksanakan salat berjemaah.

"Lakukan usaha-usaha pencegahan virus corona dengan selalu menjaga pola hidup sehat," ucap Ilyas.

Kepada pemerintah diharapkan menutup kegiatan sosial yang melibatkan orang banyak seperti tempat keramaian, tempat hiburan, bioskop, karaoke, warnet, panti pijat, dan tempat-tempat lainnya yang dapat mempercepat penularan dan penyebaran virus corona. Pelaku usaha yang tidak mematuhi agar ditindak tegas. (*)



 
Berita Lainnya :
  • MUI Imbau Warga Tak Menggelar Salat Jumat dan Wirid di Masjid
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    3 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    4 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    5 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    9 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    10 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved