www.warnariau.com
Petugas Kesehatan Positif Covid-19, Diskes Rohul Tutup Sementara Puskesmas Rokan IV Koto I
Senin, 20/07/2020 - 12:58:07 WIB



ROHUL, WARNARIAU.COM - Seorang Petugas Medis di Puskesmas Rokan IV Koto I, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Ahad (19/7/2020) malam.

"Ny N (30) warga Rokan IV Koto terjaring positif OTG hasil swab massal I yang dilakukan 16 Juli 2020 lalu," cakap Jubir Covid-19 Rohul Yusmas, didampingi Kabid P2P Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul dr Darmadi Lubis.

Diterangkan Yusmar, kondisi kesehatan N saat ini sangat baik dan stabil. N juga sudah dilakukan isolasi di RSUD Rohul. Dengan tambahan satu warga positif, secara kumulatif jumlah warga Rohul positif Covid-19 saat ini sudah terdata sebanyak 5 Orang.

Sementara total ODP 8.743, terpantau 297, selesai dipantau 8.464 dan ODP baru 18 orang. Sedangkan PDP bertambah 1, total PDP 72, selesai pemantauan 70, dan 2 masih dirawat karena terkonfirmasi Covid-19.

Yusmar menegaskan, pengumuman penting pasien terkonfirmasi Covid-19 yang sehat maupun yang terkonfirmasi positif akan diumumkan ke media dan masyarakat, sesuai hasil swab.

"Itu diumumkan dan diinformasikan ke masyarakat untuk mencegah penularan serta menghilangkan stigma terhadap warga yang terkonfirmasi positif dan mencegah terjadinya simpang siur informasi," cakap Yusmar.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Rohul, Melalui Kabid P2P Darmadi Lubis menjelaskan, Dinas Kesehatan Rohul sudah melakukan tracing contact terhadap kontak erat N, baik keluarga inti maupun orang yang pernah kontak dengan N.

Sementara rekan sekerja N di Puskesmas Rokan IV Koto I sudah diambil sampel swab bersamaan dengan N dengan hasil negatif.

"Ada 51 tracing contact yang sudah kita data termasuk keluarga inti dan juga beberapa rekan sekerja N yang belum diambil swab. Rencananya (hari ini, red) akan dilakukan pengambilan sampel swab di RSUD Rohul," katanya.

Selain itu, Diskes Rohul juga mengambil kebijakan menutup sementara Puskesmas Rokan IV Koto I selama 14 Hari, mulai Senin ini. Seluruh petugas medis di Puskesmas Rokan IV Koto I diwajibkan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Sementara untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas Rokan IV Koto I akan dialihkan sementara waktu ke Puskesmas Pembantu (Pustu) yang lokasinya berada di belakang Puskesmas Rokan IV Koto. Kita akan lakukan sterilisasi dan disinfeksi secara berkala," ujar Darmadi.

Ditanya kemungkinan dimana Ny.N terpapar Covid-19, Darmadi menyatakan dinas Kesehatan belum bisa memastikan dan masih terus melakukan interview.

"Memang dari riwayat perjalanan Ny.N pernah melakukan perjalanan ke Sumatera Utara 1 Juli lalu, namun itu belum bisa dipastikan yang bersangkutan terpapar disana. Karena rentang waktunya terlalu jauh dari hasil swab yang bersangkutan," ujarnya.

Disinggung pasien positif lain NN BA (20), ia menyebutkan kondisi kesehatannya sangat Stabil.

"Untuk pasien BA akan dilakukan pengambilan swab 5 dan 6, jika hasil keduanya negatif baru akan dinyatakan bebas Covid-19. Sementara jika masih positif akan terus diisolasi hingga 2 hasil swab terakhir negatif," ujarnya.(cakaplah)



 
Berita Lainnya :
  • Petugas Kesehatan Positif Covid-19, Diskes Rohul Tutup Sementara Puskesmas Rokan IV Koto I
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    5 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved