www.warnariau.com
Pemkab Siak Persiapkan Festival Wisata Religi di Kampung Bunsur yang Jadi Lokasi Terbaik
Rabu, 04/12/2019 - 08:21:24 WIB



SIAK, WARNARIAU.COM - Untuk memastikan persiapan jelang Festival Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang dipusatkan di kampung Bunsur tanggal 26 Desember mendatang berjalan sesuai rencana, Pemkab Siak menggelar rapat persiapan pelaksanaan di Ruang Rapat Zamrud Komplek Abdi Praja Siak Sri Indrapura, Selasa (3/12/2019).

Festival GMC digelar karena berdasarkan pengamatan Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN), Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit ditetapkan sebagai lokasi terbaik di Indonesia untuk mengamati fenomena gerhana matahari cincin. Karena itu kegiatan ini diharapkan dapat dikelola sehingga meningkatkan angka kunjungan pariwisata ke Kabupaten Siak.

"Hari ini kita melaksanakan rapat persiapan Festival GMC 2019, saya berharap berbagai persiapan dan apa saja yang dibutuhkan dapat segera diselesaikan agar pada hari H pelaksanaan tidak ada lagi hambatan dan iven ini bisa berjalan dengan lancar," harap Bupati Alfedri.

Dalam rapat terungkap bahwa rangkaian acara Festival GMC akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya nonton bareng pemutaran Film Iqro My Universe, hiburan Hadroh dan Salawat, serta Orkestra OMOK, dan berbagai penampilan kesenian dan bazar kuliner.

“Selain itu juga akan dilaksanakan Tablig Akbar, Salat Gerhana Berjamaah, Pencatatan Museum Rekor Indonesia atas Kacamata Gerhana terbesar serta juga akan dimeriahkan oleh grup gambus modern Nissa Sabyan,” jelasnya.

Jauh-jauh hari, Pemkab Siak lewat Dinas Pariwisata Kabupaten Siak juga melaksanakan sosialisasi kegiatan Festival GMC dibeberapa sekolah setingkat SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Siak. Kepala Dinas Pariwisata Fauzi Asni menyebut sosialisasi tersebut untuk mengedukasi para pelajar terkait fenomena langka yang terjadi setiap 300 tahun sekali ini.

“Kita ingin generasi muda kita memahami gerhana matahari cincin bukan sebagai sesuatu yang harus ditakuti, melainkan tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang harus kita sikapi sesuai cara dan tuntunan yang diajarkan agama,” sebut Fauzi.(halloriau)



 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Siak Persiapkan Festival Wisata Religi di Kampung Bunsur yang Jadi Lokasi Terbaik
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved