www.warnariau.com
Tahun ini Target Gemar Siak Berzakat Rp2,5 Miliar
Rabu, 23/05/2018 - 10:12:45 WIB



SIAK, WARNARIAU.COM - Setiap Ramadan Baznas kabupaten Siak menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat (GEMAR) Siak berzakat. Saat ini kegiatan Gemar ke V yang perdana berlangsung di Masjid Raya Sultan Abdul Jalil Rachman Syah Kecamatan Lubuk Dalam, Selasa (22/05/2018) siang.

Disampaikan Plt Bupati Siak Alfedri, kegiatan Gemar ini sudah 5 tahun diselengggarakan secara berturut-turut sejak tahun 2014 hingga tahun 2018.

"Gemar Siak berzakat ini merupakan momen yang tepat diselenggarakan pada bulan Ramadhan, karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat sejak dulu kala melakukan pembayaran zakat pada bulan Ramadhan," ujarnya.

Untuk itu Alfedri mengajak masyarakat membayarkan zakat terutama bagi yang berpenghasilan sudah mencapai nisabnya agar menyisihkan dan menbayarkan zakatnya melalui lembaga amil zakat yang telah ditunjuk oleh Pemerintah seperti Baznas.

"Zakat hukumnya wajib bagi yang telah memenuhi syarat, baik itu zakat hasil perkebunan, zakat perniagaan, uang dan harta simpanan ataupun zakat penghasilan agar di sisihkan 2,5 persen dari jumlahnya," terang mantan Kabag Keuangan itu.

Selanjutnya Alfedri mengajak semua masyarakat muslim, terutama kaum pria agar melaksanakan sholat berjamaah 5 waktu di masjid. Agar terasa keberkahan dan ketenangan dalam diri maupun untuk negeri ini.

Sementara itu ketua Baznas kabupaten Siak Abdul Rasyid menyampaikan bahwa pelaksanaan Gemar ini dirangkai sekaligus dengan penyaluran zakat tahap II tahun 2018.

"Pendistribusian zakat tahap II ini berupa zakat konsumtif, yang akan di salurkan kepada 1.962 orang mustahik di 14 kecamatan se Kabupaten Siak dengan total penyaluran Rp1,6 miliar," ujar Rasyid.

Jumlah tersebut, kata Rayid, merupakan hasil pengumpulan sejak minggu kedua bulan April hingga bulan Mei ini. Selain itu ia berharap kesadaran untuk membayar zakat semakin meningkat.

Pengumpulan zakat pada Gemar Tahun 2017 berjumlah Rp1.,5 Miliar yang dilaksanakan di 7 kecamatan. Sedangkan tahun 2018 ini dilaksanakan pada 14 kecamatan dengan target pengumpulan Rp 2,5 Miliar.

"Semoga dengan kita tambah kegiatan ini di 14 kecamatan, maka diharapkan target pengumpulan zakat sebanyak Rp 2,5 miliar dapat tercapai," kata Rasyid penuh harap.(goriau)



 
Berita Lainnya :
  • Tahun ini Target Gemar Siak Berzakat Rp2,5 Miliar
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    8 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved