www.warnariau.com
Masyarakat Peduli Pilkada Rohil Deklarasi Tolak Politik Uang
Selasa, 01/12/2020 - 15:20:51 WIB



ROHIL, WARNARIAU.COM - Masyarakat Peduli Pemilu Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) deklarasi anti politik uang, Selasa (1/12/2020). Deklarasi anti politik uang tersebut diinisiasi Bawaslu Rohil.

Acara deklarasi tampak dihadiri Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, Asisten I Fery H Parya, ketua Bawaslu Rohil Syahyuri bersama komisioner, Danramil 01/Bangko Kapten Tayung dan Kasi Pidum Kejari Rohil.

Termasuk juga Ketua Multimarga Rohil Rendi Gunawan, Ketua Karang Taruna Kasmer Dahlan, perwakilan Ormas, OKP, LO pasangan calon serta berbagai unsur lainnya.

Ketua Bawaslu Syahyuri dalam sambutannya mengatakan, politik uang dilarang dan tidak diperbolehkan sesuai pasal 73 UU nomor 10 tahun 2016 ayat 4. Dimana, memberi uang atau lainnya untuk menyuruh orang agar tidak memilih juga kategori politik uang. Dan menggunakan uang atau materi lainnya agar mencoblos semua calon sehingga suara tidak sah juga masuk kategori politik uang.

Deklarasi ini, sebutnya, sebagai salah satu upaya pencegahan terjadinya politik uang dalam pelaksanaan Pilkada bupati dan wakil bupati yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang.

"Untuk itu kita mengundang seluruh elemen masyarakat, baik tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita tokoh pemuda kemudian organisasi organisasi kepemudaan, kita undang untuk ikut serta dalam deklarasi tolak money politic ini," sebutnya.

Syahyuri berharap, dengan kehadiran seluruh elemen nantinya dapat mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak terjebak dalam politik uang.

Syahyuri juga mengingatkan kepada seluruh kontestan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rohil 2020 agar jangan coba-coba memberi dalam bentuk uang atau materi lainnya kepada pemilih dengan tujuan mempengaruhi pemilih untuk memilih salah satu pasangan calon.

"Sanksinya tertuang dalam pasal 187 A, jika terjadi money politic dan memberi dalam bentuk uang atau materi lainnya, sanksi pidananya kurungan 3 tahun dan paling lama 5 tahun," tegasnya.

Bawaslu, katanya, akan mendirikan posko pengaduan di seluruh kecamatan se-Rohil. Pelanggaran Pilkada tidak bisa hanya diselesaikan oleh Bawaslu atau KPU saja, namun semua elemen harus bersama.

Kapolres Rohil dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu Rohil yang telah melaksanakan kegiatan deklarasi anti politik uang tersebut. Sebab, ini salah satu langkah sebagai pencegahan dan sosialisasi dalam mencegah politik uang.

"Saat ini kita melaksanakan Pilkada untuk menentukan pemimpin selama 5 tahun kedepan, dan penentuan ini harus kita kawal dengan baik sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas," cakapnya.

Pada Pilkada yang dilaksanakan di tengah pandemi, katanya, Polres selaku aparatur yang bertanggung jawab baik dari segi keamanan maupun lainnya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada penyelenggara serta peserta.

"Karena hingga saat ini pelaksanaan Pilkada di Rohil masih berjalan dengan baik. Mari sama-sama kita jaga," pungkasnya.(cakaplah)



 
Berita Lainnya :
  • Masyarakat Peduli Pilkada Rohil Deklarasi Tolak Politik Uang
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved