www.warnariau.com
Utusan Mendagri Monitor Pilpeng Rohil, Kepenghuluan Bagan Jawa Jadi Sample
Jumat, 18/12/2020 - 16:37:20 WIB



BAGANSIAPIAPI, WARNARIAU.COM - Dua orang utusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dari Kasubdit Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Isti, SE, MSi dan Dini Anggraini, SE MSi memantau kesiapan Pemilihan Penghulu (Pilpeng) serentak Rokan Hilir (Rohil), Rabu (16/12/2020) lalu.

Sebagai sample dari 12 Kepenghuluan yang ikut Pilpeng serentak, mereka memantau Pilpeng di Kepenghuluan Bagan Jawa, mereka menilai sejauh ini persiapan berjalan dengan baik dan juga memenuhi syarat untuk melaksanakan Pilpeng.

"Pilpeng serentak Rohil 21 Desember nanti sudah siap dilaksanakan. Tadi kami juga sudah melihat simulasi tata pemilihan, petugas siap semua. Tadi saya tanya sama panitia, alat-alat menunggu di distribusikan, undangan sudah siap, pelaksanaan paling penting patuhi protokol kesehatan," kata Dini Anggraini kepada wartawan.

Berdasarkan laporan panitia ke pihaknya, ada 2 lokasi tempat pemilihan suara (TPS) yang jumlah daftar pemilihan tetap (DPT) yang jumlah pemilihnya mencapai 500 pemilih.

"Tentunya hal itu perlu diperhatikan oleh panitia penyelenggara. Selain itu Prokes juga diterapkan agar tak menimbulkan klaster baru," ungkapnya.

Dini mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian dan TNI serta pihak lainnya yang bersinergi pada pergelaran Pilpeng. Ia berharap partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS memilih calon penghulu yang berkomitmen membangun desa sehingga masyarakat desa semakin sejahtera dan makmur.

Isti menambahkan, untuk Pilpeng/Pilkades tahun ini, ada hal yang baru karena adanya perubahan Permendagri 112 menjadi 72 tahun 2020. Dalam Permendagri diperintahkan langsung untuk memantau langsung pelaksaan Pilpeng/Pilkades.

"Untuk Rohil sendiri ada beberapa catatan sesuai yang kita lihat ditekankan ada 1 TPS yang jumlahnya mencapai 500 lebih. Alhamdulillah hal itu sudah diantisipasi waktu kita melakukan pertemuan dan sosialisasi 17 Desember kemarin untuk disesuaikan," ujar Isti.

Lanjutnya, antisipasi lain, karena sudah masuk jadwal kampanye, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Rohil untuk dapat mengatur jadwal-jadwal kampanye karena hal itu sangat penting.

"Kita juga tekankan Pilkades/Pilpeng yang taat prokes, itu yang terpenting. Kami minta melalui media kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi, ikut memantau, mengawasi jalannya Pilkades/Pilpeng dan juga ikut menyukseskannya Pilkades seluruh desa yang menggelar Pilkades di Rohil ini," pungkasnya.

Sementara itu, Pjs Penghulu Bagan Jawa, Misnan, Ssos, MPdi menjelaskan, jumlah TPS di Bagan Jawa sebanyak 16 TPS dengan jumlah pemilih 5.354. Ia menargetkan jumlah pemilih 80 persen. Untuk itu ia mengimbau masyarakat menggunakan hak pilih pada 21 Desember 2020 mendatang.

"Sejauh ini persiapan untuk kepenghuluan Bagan Jawa sudah 100 persen, tidak ada kendala lagi. Kami ucapkan terima kasih kepada tim pemantau dari Kemendagri yang telah datang ke Bagan Jawa dan jadikan Bagan Jawa sample Pilkades untuk Rohil," ujarnya singkat.

Pada pemantauan itu, Isti dan Dini didampingi dari DPMD Provinsi Riau, Rony Fredianto, SIP MM, Kabag OPS Polres Rohil, Kompol Antoni Lumban Gaul, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Rohil, Ifradi Rusdiansyah, S STP MSi, Kasi Penataan Desa dan Pengembangan Aparatur Desa, Sugianto SAP.(halloriau)



 
Berita Lainnya :
  • Utusan Mendagri Monitor Pilpeng Rohil, Kepenghuluan Bagan Jawa Jadi Sample
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved