www.warnariau.com
Terapkan Siaga Darurat, Bupati Rohil Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutla
Senin, 15/02/2021 - 14:33:22 WIB



BAGANSIAPIAPI, WARNARIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) gelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), Senin (15/2/2021) pagi, di gedung pertemuan H Misran Rais, Jalan Gedung Nasional, Kota Bagansiapiapi.

Rakor itu dipimpin Bupati Rohil H Suyatno AMp dan dihadiri Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK, Dandim 0321/rohil Letkol Arh. Agung Rachman Wahyudi, Sip, MI. Pol, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Kasi intel Kejari Rohil Dian Affandi Panjaitan SH, Kepala BPBD Rohil Hari D Putra, para Camat, Kapolsek, Danramil, dan Manggala Agni.

Bupati Suyatno mengatakan, bagi kecamatan yang dianggap rawan terjadinya karlahut harus diantisipasi mengingat sudah memasuki musim kemarau. "Bagi kecamatan yang sudah diadakan program pembuatan embung, maka hal itu perlu dilanjutkan programnya," katanya.

Baru-baru ini di Rohil ditemukan dua titik api di Kecamatan Kubu yaitu di Tanjung Leban dan Sei Segajah. Namun sudah bisa teratasi. Selain itu, keberadaan posko tanggap di BPBD nanti harus dibuat baliho besar agar masyarakat mengetahui hukum bagi pembakar hutan maupun lahan.

"Kita minta personel BPBD agar terus aktif dalam membantu penanganan bencana karlahut dengan melakukan koordinasi dengan camat dan pihak terkait lainnya. Sementara para camat kita minta agar dalam pengurusan SKT di daerahnya dikelola dengan baik," tegasnya.

Suyatno juga mengatakan jika Gubernur Riau berkeinginan pada tahun 2021 ini tidak ada lagi kabupaten/kota di Riau terjadi bencana karlahut. "Karlahut ini bencana yang besar, karena apabila terjadi maka aktivitas warga terhenti dan perekonomian menjadi lumpuh," tegasnya.

Dilanjutkan, ia juga mengimbau dan mengingatkan masyarakat untuk mengolah lahan perkebunan dengan cara tidak membakar. "Jika kedapatan membakar lahan maka akan diproses secara hukum. Karena karlahut ini apabila terjadi maka merepotkan banyak pihak. Makanya mulai hari ini sudah diberlakukan siaga darurat," sebutnya.

Usai memimpin rakor, dilanjutkan dengan penyerahan masker kepada seluruh camat yang nantinya dibagikan kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.(halloriau)



 
Berita Lainnya :
  • Terapkan Siaga Darurat, Bupati Rohil Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutla
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved