www.warnariau.com
BPKAD Sudah Cairkan Bantuan ADD Tahap I Rp22,5 M
Minggu, 26/05/2019 - 09:08:24 WIB



PASIR PANGARAIAN, WARNARIAU.COM - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengakui, bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap I (satu) 20 persen atau sekitar Rp22,5 miliar sudah ditransfer ke 139 rekening masing masing desa penerima di Kabupaten Rohul pekan lalu.

Bantuan ADD tahun 2019 dicairkan pada tiga tahap yakni, tahap I 20 persen, tahap II yakni 40 persen dan tahap III (sisa) yang disesuaikan dengan estimasi penerimaan dana perimbangan 10 persen yang diterima Pemkab Rohul pada Desember 2019 yang ditransfer Pusat ke Kasda Rohul.

"Bantuan ADD tahap I sebesar 20 persen sudah cair, dan dananya telah  ditransfer dan masuk ke rekening desa penerima bantuan ADD, yang bersumber dari APBD Rohul tahun 2019,’’ jelas Kepala BPKAD Rohul Suharman Nasution didampingi Kabid Perbendaharaan Asikin SE, Jumat (24/5/2019), terkait penyaluran bantuan ADD tahap I ke 139 desa penerima.

Jelasnya lagi, pencairan bantuan ADD tahap I diprioritaskan untuk pembayaran penghasilan tetap (Siltap) atau gaji dan biaya operasional kepala desa beserta perangkat desa, yang dananya telah dialokasikan di APBD Rohul 2019.

Sebut Suharman lagi, keterlambatan pencairan ADD tahap I sebesar 20 persen, lebih disebabkan, selain keterlambatan kesiapan administrasi dari pemerintah desa, juga dikarenakan penyaluran dana perimbangan dari
Pusat ke Kasda Rohul.

Sehingga diestimasikan penerimaan dana perimbangan khususnya untuk bantuan ADD tahap I itu nilainya sebesar Rp22,5 miliar telah disalurkan ke 139 desa penerima di Rohul.

Tambah Suharman, untuk besaran bantuan ADD yang diterima 139 desa penerima, jumlahnya bervariasi berdasarkan luas daerah, jumlah penduduk, potensi desa dan lainnya.

‘’Berharap 139 desa yang sudah cair bantuaan ADD tahap I sebesar 20 persen dan DD tahap I yang bersumber dari APBN 2019 untuk segera melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan. Berharap desa segera melengkapi laporan penggunaan keuangan desa, sebagai persyaratan
kelengkapan penggunaan dana yang telah dikucurkan pemerintah,’’ ujarnya.

Dia juga berharap, bantuan ADD tahap I dan DD tahap I yang telah disalurkan pemerintah daerah April lalu ke masing-masing desa penerima dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya dan aturan perundang-undangan yang berlaku.(halloriau)



 
Berita Lainnya :
  • BPKAD Sudah Cairkan Bantuan ADD Tahap I Rp22,5 M
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    2 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    3 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    4 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    5 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    6 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    7 Sekdes Desa Buluhcina Jarang Masuk Kantor, Ini Tanggapan Kades
    8 Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
    Polda Riau Bekuk 4 Polisi Pengedar Narkoba
    9 Dua Pelaku Pemerkosa dan Pemenggal Kepala di Siak Ditangkap
    10 Jadi Pengemis & Ditangkap Dinsos Jakarta, Marshanda Tidak Malu Mengakui Orang Ini Ayahnya
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved