www.warnariau.com
Pemkab Meranti Terima LHE AKIP Bernilai B
Jumat, 26/01/2018 - 09:16:16 WIB



SELATPANJANG, WARNARIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti meraih nilai B dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Nilai ini merupakan nilai terbaik se-Kabupaten Kota di Riau sesuai laporan hasil evaluasi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) RI, dalam acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) Kabupaten Kota Wilayah Sumatera, Banten dan Jawa Barat di Hotel Radisson Golf & Convetion Centre Batam, Kamis (24/1/2018).

Penyerahan LHE AKIP Kabupaten Kepulauan Meranti dilakukan Menpan-RB RI Asman Abnur yang diterima Bupati Kepulauan Meranti, H Irwan.

Turut mendampingi Bupati dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, Kepala Bappeda Meranti Mamun Murod, Inspektor Kepulauan Meranti Suhendri, Kepala Bagian Humas dan Protokol  Meranti Helfandi, dan Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana Sekda Meranti Rika.

Menyikapi hasil tersebut, Bupati Irwan mengucapkan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kepulauan Meranti yang telah bekerja keras sehingga berhasil mengantarkan Kabupaten termuda di Riau ini memperbaiki nilai SAKIP yang sebelumnya D kini menjadi B.

"Ini bukti komitmen kami yang dengan sungguh sungguh berusaha memperbaiki nilai SAKIP, meskipun target kami sebelumnya adalah BB atau B+, namun hasil ini cukup memuaskan, tapi untuk tahun depan kami akan mengupayakan nilai A," ujar Bupati.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh OPD yang telah bekerja serius untuk bekerja lebih keras lagi dalam menyempurnakan laporan akuntabilitas keuangan instansi pemerintah, agar kedepan targat LHE AKIP dengan predikat A dapat tercapai.

"Semoga tahun depan kita meraih LHE AKIP A," ucap Bupati lagi.

Seperti diketahui dalam rangka memperbaiki masalah akuntabilitas pelaporan keuangan dan kinerja pelayanan publik. Bupati Kepulauan Meranti mengintruksikan kepada seluruh OPD dapat melaksanakan program kegiatan secara akuntable, cepat, tepat sasaran, serta efisien yang berdampak langsung terhadap pembangunan daerah, baik dari segi infrastruktur maupun sumberdaya manusia yang didukung dengan pelaporan keuangan dan dokumentasi real dilapangan.

Hebatnya lagi, bukan hanya nilai SAKIP Meranti yang naik level, dalam hal pencapaian tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-udangan. Kabupaten Meranti juga meraih Level III Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Daerah.

Sementara itu, Menpan-RB RI Asman Abnur, dalam arahannya dihadapan Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia mengungkapkan, LHE AKIP merupakan amanat dari PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

LHE AKIP ini dilakukan Kemen PAN-RB terhadap seluruh kabupaten/kota wilayah I yang terdiri dari Bangka Belitung, Sumatera, Jabar dan Banten, dan Kemenpan-RB menargetkan tahun depan (2019.red) seluruh Pemerintah Daerah paling rendah meraih nilai SAKIP B. Sebelum memberikan arahan menteri PAN-RB melaunching aplikasi yang diberi nama e-SAKIP REVIU.

"Kami pasang target kenaikan nilai SAKIP dari tahun 2015 - 2017 mulai dari dominan di C dan bahkan ada yang D, maka di tahun 2017 harus C dan ini terus ditingkatkan menjadi B di tahun depan. Dan kalau ada daerah yang mendapatkan nilai C, saya akan sampaikan bahwa kepala daerah tersebut gagal," jelas Asman.(halloriau)



 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Meranti Terima LHE AKIP Bernilai B
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    6 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    7 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    8 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    9 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    10 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved