www.warnariau.com
Sambut Era Teknologi Informasi, Bupati Kampar Buka Sosialisasi Aplikasi dan Laporan Online untuk 3 Kecamatan
Selasa, 25/08/2020 - 17:46:19 WIB



SIAK HULU, WARNARIAU.COM - Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto SH, membuka sosialisasi dan pelatihan aplikasi Dapodik paud Dikdasmen versi 2021 dan laporan bulanan online tahun 2021 yang diikuti oleh kepala sekolah Se-Kecamatan Siak Hulu, Perhentian Raja dan Kampar Kiri Hiir yang dilaksanakan di Aula BLPP Kecamatan Siak Hulu, Selasa (25/8)

Dalam arahannya, Catur mengatakan bahwa, pelatihan ini dilakukan guna menyambut era teknologi informasi kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia melalui Permendikbud RI Nomor 79 tahun 2015 tentang data pokok pendidikan yang menjadi awal dimulainya era pendataan yang lebih terstruktur, massif dan berkualitas, sehingga data dan perencanaan mulai dari Kabupaten sampai Pusat dapat di singkronkan ini salah satu bagian untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kampar yang berbasis on-line.

Ditambahkan Catur, kegiatan pendataan di lingkungan pendidikan dasar dan menengah telah terintegrasi menggunakan aplikasi dapodikdasmen yang mencakup 3 jenjang pendidikan, saat ini dapat digunakan sebagai basis data untuk program unggulan Kemendikbud bahkan Dapodik merupakan satu-satunya acuan data yang digunakan dalam setiap kegiatan di Kemendikbud.

Catur juga mengatakan bahwa, saat ini tugas operator sekolah bukan hanya menjalankan aplikasi dapodik saja, seiring dengan perkembangan teknologi yang menuntut adanya Efisiensi dan efektivitas yang lebih baik dari pada melalui metode laporan manual membuat semakin banyak lahirnya aplikasi-aplikasi komputer lainnya yang harus dikerjakan oleh operator sekolah sehingga operator Dapodik kini disebut sebagai operator sekolah, namun meski begitu tupoksi yang diemban oleh operator sekolah ini begitu banyak hampir meliputi keseluruhan aspek data sekolah bahkan hampir segala bentuk laporan yang berbasis komputer baik yang sifat mandiri maupun yang global.

Catur juga menegaskan kepada seluruh sekolah untuk memcarikan solusi agar insentif yang diterima oleh operator tersebut disesuaikan, sehingga mereka semangat dalam bekerja, karena data tentang dapodik dan laporan bulanan yang mereka olah tersebut juga akan diterima oleh pusat dan memudahkan mereka dalam memberikan bantuan.

Pada kesempatan tersebut, Catur juga membuka dialog dengan kepala sekolah, mendegarkan keluhan baik tentang infrastruktur sekolah maupun kebutuhan lainnya yang menyangkut kemajuan pendidikan bagi para penerus bangsa kita.

Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabuoaten Kampar, M.Yasir, dalam laporannya mangatakan bahwa, data dapotik dan laporan keuangan yang kita miliki saat ini adalah data terlengkap, baik terkait jumlah guru, jumlah sekolah yang rusak dan lainnya yang mudah diakses oleh pemerintah pusat, sehingga memudahkan mereka memberikan bantuan kepada kita. (Diskominfo Kampar/Prot-dokpim)



 
Berita Lainnya :
  • Sambut Era Teknologi Informasi, Bupati Kampar Buka Sosialisasi Aplikasi dan Laporan Online untuk 3 Kecamatan
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved