www.warnariau.com
Kebanggaan Kampar Gelar Gala Desa Kata Catur Sugeng Susanto
Senin, 29/10/2018 - 08:15:11 WIB



BANGKINANG, WARNARIAU.COM - Gelanggang Olahraga (GOR) Tuanku Tambusai Bangkinang Kota yang terletak di Kabupaten Kampar, menjadi lokasi pembukaan Gala Desa 2018 Provinsi Riau, salah satu program unggulan Kemenpora dibawah komando Menpora Imam Nahrawi melalui kedeputian Pembudayaan Olahraga, Minggu (28/10/2018).

Pembukaan diawali dengan pelaksanaan defile rombongan dari perwakilan desa ditiap Kecamatan se-Kabupaten Kampar, tari persembahan, atraksi silat serta eksebishi sepakbola antara Kampar Soccer School melawab U-16 Gabungan Pelajar Kabupaten Kampar.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Kampar, Catur Sugeng Susanto,SH mengingatkan agar dapat menjaga kekompakan tim, menjaga persatuan dan persaudaraan karena menang kalah bukan yang utama.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan bahwa iven gala desa adalah iven olahraga yang mengedepankan sportifitas dan semangat berolahraga sehingga dapat menghasilkan bibit pemain olahraga yang betul-betul berprestasi dan bibit pemain berbakat yang ada di desa.

"Kegiatan ini program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dan ini yang perdana dilaksanakan untuk di Provinsi Riau dimana event ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, merupakan suatu kebanggan dan prestasi tersendiri bagi Kabupaten Kampar ditunjuk dan dipercaya oleh Kemenpora sebagai Kabupaten Pertama pelaksanaan iven gala desa ini" ujar Wabup Catur.

Selain itu Wabup Catur juga berpesan agar peserta mengikuti pertandingan dengan semangat yang tinggi. "Juara pada ajang ini akan mewakili Kabupaten Kampar di tingkat yang lebih tinggi seperti ke Provinsi bahkan sampai ke tingkat pusat nantinya, pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta mengatakan jika Gala Desa merupakan pentas olahraga dari desa menuju dunia. "Indonesia luas, Kabupaten/Kota jumlahnya lebih dari 500, jika itu terus digali melalui kompetisi seperti kegiatan Gala Desa seperti ini, pasti pemandu bakat akan menemukan bibit-bibit olahragawan Indonesia, baik dari sepakbola, atletik, bola voli, takraw maupun cabang olahraga lainnya," ungkap Raden Isnanta.

Potensi-potensi itu harus digali lewat kompetisi, lanjut Isnanta. "Kita tahu mungkin kompetisi sering bergulir hanya karena memperingati 17 Agustus, atau hari jadi Kabupaten/Kota, tapi jika diperbanyak dan diperkuat dengan kompetisi tambahan seperti Gala Desa ini, maka kita yakin akan lahir potensi baru," terangnya.

Tujuan lain dari Gala Desa ini adalah membangun kekuatan persaudaraan, silaturahmi antar masyarakat desa lewat olahraga. "Olahraga dijadikan instrumen untuk menguatkan tali persaudaraan, persatuan dalam bingkai NKRI. Olahraga sangat efektif untuk mengomunikasikan antar semua elemen masyarakat, karena didalam olahraga tidak mengenal kasta, perbedaan, karena semua jika sudah berada diarena pertandingan semua sama, sehingga prinsipnya kita ingin menguatkan kebhinekaan ini lewat olahraga," terangnya.

Gala Desa di Kabupaten Kampar ini diikuti oleh 153 Desa dari 250 Desa se-Kabupaten Kampar dengan total atlet mencapai 5000, dengan mempertandingkan empat cabang olahraga, seperti sepakbola, bola volly, atletik dan sepaktakraw yang dilaksanakan selama 10 hari kedepan.

Cabang olahraga sepakbola diikuti 132 desa, bola voli putra sebanyak 56 desa, bola voli putri sebanyak 72 desa, sepaktakraw 82 desa, atletik putra 92 desa, dan atletik putri 61 desa.(goriau)



 
Berita Lainnya :
  • Kebanggaan Kampar Gelar Gala Desa Kata Catur Sugeng Susanto
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    6 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    7 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    8 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    9 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    10 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved