www.warnariau.com
Rupiah Melorot ke Posisi Rp14.218 per Dolar AS
Kamis, 28/03/2019 - 09:45:43 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM -- Nilai tukar rupiah berada di posisi per Rp14.218 per dolar AS pada perdagangan pasar spot Kamis (28/3) pagi. Rupiah tercatat melemah 0,07 persen dibandingkan penutupan pada Rabu (27/3), yakni Rp14.208 per dolar AS.

Pagi ini sebagian besar mata uang utama Asia melemah terhadap dolar AS. Won Korea Selatan melemah 0,33 persen, peso Filipina melemah 0,31 persen, ringgit Malaysia melemah 0,14 persen, dan dolar Singapura 0,06 persen. Diikuti oleh, baht Thailand dan dolar Hong Kong yang melemah masing-masing 0,02 persen dan 0,01 persen.

Di Asia, hanya yen Jepang saja yang mengalami penguatan dengan nilai 0,17 persen.

Sementara itu, mata uang negara maju mengalami pergerakan bervariasi. Poundsterling Inggris melemah 0,08 persen dan dolar Australia melemah 0,06 persen, namun euro menguat 0,04 persen.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan rupiah masih berpotensi melemah hari ini karena pelaku pasar tengah bersiap mengikuti lelang obligasi pemerintah AS.

Saat ini, Surat Berharga Negara (SBN) AS tengah menjanjikan, sehingga banyak investor yang mengalihkan asetnya dari negara berkembang ke AS. Rencananya, lelang ini terjadi pada Rabu (28/3) waktu setempat.

Sementara, semalam parlemen Inggris menolak delapan alternatif perjanjian penarikan Inggris dari Uni Eropa atau Brexit. Ini membuka peluang bahwa Inggris tidak jadi meninggalkan Uni Eropa.

"Jadi rupiah dalam perdagangan Kamis kemungkinan masih akan melemah dan ditransaksikan di level penguatan Rp14.180 per dolar AS dan level pelemahan di Rp14.240 per dolar AS," jelasnya, Kamis (28/3).

Meski berpotensi melemah, Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan rupiah tak akan terjerembab pada perdagangan hari ini. Sebab, investor masih punya sentimen mengenai sikap dovish The Fed yang diperkirakan menahan suku bunga acuannya tahun ini.

Dengan demikian, meski perekonomian global tengah melemah, tak lantas membuat penanam modal menjadikan dolar AS sebagai safe haven. "Pelemahan rupiah akan terbatas pada hari ini, sehingga rupiah masih akan di level moderat Rp14.150 hingga Rp14.220 per dolar AS," tutur Ariston.(CNN Indonesia)



 
Berita Lainnya :
  • Rupiah Melorot ke Posisi Rp14.218 per Dolar AS
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    2 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    3 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    4 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    5 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    6 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    7 Sekdes Desa Buluhcina Jarang Masuk Kantor, Ini Tanggapan Kades
    8 Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
    Polda Riau Bekuk 4 Polisi Pengedar Narkoba
    9 Dua Pelaku Pemerkosa dan Pemenggal Kepala di Siak Ditangkap
    10 Jadi Pengemis & Ditangkap Dinsos Jakarta, Marshanda Tidak Malu Mengakui Orang Ini Ayahnya
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved