www.warnariau.com
Pertamina Ekspor 200 Ribu Barel BBM ke Malaysia
Senin, 07/09/2020 - 08:21:40 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM  -- Pertamina Refinery Unit V Balikpapan mengekspor produk High Speed Diesel (HSD) 50 PPM Sulphur ke negeri jiran Malaysia. Ekspor perdana sebesar 200 ribu barrels atau setara dengan 31.800 KL ini senilai US$9,5 juta atau setara Rp143,15 miliar (kurs Rp14.757 per dolar AS).

Mengutip Antara, General Manager Refinery Unit V Balikpapan Eko Sunarno menyebut ekspor merupakan salah satu jawaban dari tantangan yang dihadapi Pertamina selama pandemi virus corona.

"Tentunya akibat pandemi covid-19 menyebabkan adanya penurunan permintaan akan bahan bakar, tonggak sejarah yang baik bagi kita Pertamina terkhusus RU V untuk berkomitmen mengupayakan keberlanjutan pasokan energi dan operasional kilang dengan menjawab tantangan dan permintaan pasar akan produk HSD tersebut," kata dia.

Eko mengungkapkan bahwa produk ini merupakan hasil dari fraksi diesel di Unit Secondary Kilang RU V Balikpapan yang memiliki kualitas Sulphur 50 ppm atau setara dengan produk diesel standard Euro 4. Ini merupakan bahan bakar mesin diesel terbaru yang pernah diproduksi kilang RU V.

Selain produk diesel yang berstandar Euro 4 dan memiliki kualitas Sulphur 0.005-persenS atau 50 ppm, produk Pertamina ini disebutnya memiliki kelebihan lain yaitu Cetane Index minimal 50 (Cetane Number minimal 53), dan flash point minimal 60 derajat Celcius.

Lebih lanjut, Eko menambahkan bahwa jenis BBM HSD 0.005 persen ini sudah memenuhi spesifikasi yang dipersyaratkan oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017, yaitu ditetapkan spesifikasi BBM jenis Solar memiliki angka Cetane Number minimal 51 dan kandungan sulfur maksimal 50 ppm.

"Patut berbangga, bahwa di Indonesia yang dapat memproduksi produk tersebut hanya RU V Balikpapan dengan kapasitas 200 ribu barrels per bulan dan RU II Dumai dengan kapasitas saat ini 100 ribu barrels per bulan," imbuh Eko.

Eko juga menyampaikan bahwa pihaknya berencana kembali melakukan ekspor pada Oktober hingga akhir tahun setiap bulannya.

"Ke depannya akan ada rencana ekspor kembali pada periode Oktober hingga Desember 2020 sejumlah 200 ribu barrels ( 31.800 KL) setiap bulannya dengan tujuan pasar internasional," pungkasnya.(CNN Indonesia)



 
Berita Lainnya :
  • Pertamina Ekspor 200 Ribu Barel BBM ke Malaysia
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved