www.warnariau.com
PLHK ke-23 tahun 2019
APP Sinar Mas Group Tampilkan Produk UMKM dan Produk Ramah Lingkungan
Minggu, 14/07/2019 - 07:05:24 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM - Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) ke-23 tahun 2019 berlangsung dari tanggal 11–13 Juli 2019, telah dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla,  Kamis (11/7/2019) lalu.

Perusahaan group Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas yang diawkili PT Indah Kiat & Paper Perawang dan Sinar Mas Forestry Wilayah Riau ikut berpartisipasi yang tergabung dengan Stand dari Pemerintah daerah Provinsi Riau.

Penyelenggaraan PLKI tersebut merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Jun setiap tahunnya.

Tema HLH Sedunia 2019 kali ini yaitu “Beat Air Pollution”, selanjutnya secara nasional direlevansikan menjadi “Biru Langitku, Hijau Bumiku” yang sekaligus menjadi tema gelaran PLHK ke-23 ini. Hal ini diharapkan dapat menggambarkan upaya  untuk terus mengendalikan polusi udara dan menjadikan bumi lebih hijau.

Menurut Koordinator Stand (Booth) dari APP – Sinar Mas, Stephanus Andrianto dan Public Relations Nurul Huda kepada media menjelaskan, pada kegiatan PLHKke 23 tahun 2019 ini, APP Sinar Mas menyampaikan kebijakan meluncurkan konservasi hutan sebagai upaya menciptakan bisnis model baru guna mengurangi deforestasi dari rantai pasokan.

"APP Sinar Mas menata masa depan berkelanjutan melalui produk dan turut ambil bagian dalam perjalanan tersebut melalui kebijakan Konservasi Hutan APP Sinar Mas," terangnya.

Komitmen Kebijakan Konservasi APP Sinar Mas yakni: 1. Melindungi Hutan Alam, 2.Manajemen Tanah Gambut, 3.Komitmen Sosial, 4.Rantai Pasokan Global

PT. Indah Kiat Pulp & Paper Perawang yang sama-sama diketahui memiliki pabrik pulp dan kertas yang terintegrasi penuh di Perawang, Riau, yang memproduksi produk kertas dan kemasan. Penjualan di luar Indonesia mewakili sekitar 60% dari total penjualan.

Perusahaan saat ini memproduksi berbagai jenis produk kertas, termasuk kertas cetak dan tulis, dan produk kemasan, seperti papa nisi dan kotak. Ini juga menghasilkan Pulp BHK yang merupakan bahan baku utama untuk produk kertas dan juga digunakan dalam produksi produk kemasan.

Dalam pengakuan atas Sistem Manajemen Mutu dan kinerja Sistem Manajemen Lingkungan Perusahaan, Perusahaan telah dianugrahi sertifikasi ISO 9002 dan ISO 14001.

Di masyarakat sekitar mil Perawang, Perseroan mendukung pengembangan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan kegiatan UMKM. Kegiatan yang didampingi adalah UMKM aneka makanan ringan seperti stick kentang dan keripik tempe.

UMKM ini mendapatkan dukungan berupa pelatihan, pendampingan, perluasan pemasaran dan pinjaman modal usaha, bahan baku dan lainnya. Melalui inisiatif ini, penghasilan UMKM mengalami peningkatan signifikan.

Sinergi PT Indah Kiat dan Kelompok Pengrajin Tunas Harapan merupakan salah satu konsep pengembangan masyarakat yang menunjukan keseimbangan meningkatnya bisnis perusahaan dengan kesejahteraan masyarakat sebagai mitra yang tumbuh bersama, hasil kerjasama tersebut dengan memanfaatkan limbah Tali strapping, yang mana tali Strapping adalah produk tali pelastik pengikat palet, untuk mengemas material hasil produksi seperti kertas dan pulp.

Kegiatan ini sudah dimulai Sejak tahun 2008, tim CSR Indah Kiat Perawang, memanfaatkan tali tersebut untuk pemberdayaan  program kelompok UMKM “Tunas Harapan”, Desa Pinang Sebatang Kecamatan Tualang kabupaten Siak.

Tali Bekas ini dimanfaatkan untuk dibuat menjadi aneka kerajinan tangan seperti tikar, tutup saji, tas belanja, tas hantaran dan lainnya. Anngotanya Berawal hanya dari 3 orang anggota, kelompok ini kemudian berkembang menjadi 97 orang anggota dengan penghasilan rata-rata Rp,900.000 – Rp. 1.500.000 perbulan.

"Kita melihat Nilai lebih program ini berupa peningkatan kesejahteraan anggota, dengan tetap bisa menyeimbangkan perhatian akan keluarga dan pekerjaan rumah tangga. Dan kita bersyukur produk kerajinan tali strapping ini sudah dipasarkan ke berbagai provinsi: Riau, Sumatera Barat, Jambi & Sumatera Selatan," kata Stephanus Andrianto.

Pada saat ini APP – Inovasi Produk Kertas Ramah Lingkungan, yaitu : Foopak Bio Nature Cup merupakan produk inovatif APP Sinar Mas yang mana Foopak Bio Nature Cup terbuat dari bahan bebas plastic, compostable, biodegradable dan recyclable sehingga menjadikan produk berbahan dasar kertas ini ramah lingkungan.

"Alhamdullillah Foopak Bio nature mendapatkan penghargaan Product of The Year 2019 oleh Enviromental Leader," tutup Stephanus. (rilis)



 
Berita Lainnya :
  • APP Sinar Mas Group Tampilkan Produk UMKM dan Produk Ramah Lingkungan
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    8 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    9 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    10 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved