www.warnariau.com
Menag Fachrul Razi Jadi Menteri Ketiga yang Terpapar Corona
Senin, 21/09/2020 - 11:13:28 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM - Menteri Agama Fachrul Razi dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Fachrul Razi menambah daftar menteri yang terpapar Corona setelah Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri KP Edhy Prabowo.

Dua menteri sebelumnya, Budi Karya dan Edhy Prabowo, yang terinfeksi virus Corona ini sudah ada yang dinyatakan sembuh. Namun Edhy masih dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Berikut ini catatannya.

1. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kini sudah pulih kembali setelah sebelumnya dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Dari catatan detikcom, Budi Karya menjadi petinggi negara pertama di Indonesia yang terjangkit virus Corona.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Mensesneg Pratikno saat melakukan pengumuman kondisi BKS di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Budi Karya dinyatakan positif Corona pada 14 Maret lalu. Dia sempat drop dan terbaring di rumah sakit karena Corona. Saat dirawat, Budi Karya menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negatif. Namun 15 hari kemudian Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua.

Pada 27 April 2020, Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya, Sp THT, Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Setelah sembuh, Budi Karya langsung tancap gas bekerja dan aktif kembali sebagai menteri.

"Saat ini Menhub Budi Karya Sumadi dalam kondisi sehat dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020. Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas Covid-19," tulis pihak Kemenhub.

2. Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo

Menteri KKP Edhy Prabowo menjadi daftar kedua menteri yang terpapar positif Corona. Informasi terpaparnya Edhy ini awalnya dibenarkan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan.

Daniel mengatakan Edhy Prabowo dikabarkan positif COVID-19 sejak Kamis (3/9/2020). Ia menyatakan mendapat informasi tersebut dari salah satu staf di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP).

"Iya, kabar yang saya dapat seperti itu (Menteri KP Edhy Prabowo positif COVID-19), Kamis tanggal 3 (September). Dari staf di dalam (Kementerian KP)," kata Daniel saat dimintai konfirmasi pada Selasa (8/9). Komisi IV DPR adalah mitra Kementerian KP.
Menteri KKP Edhy PrabowoMenteri KP Edhy Prabowo (Dok. KKP)

Partai Gerindra pun angkat bicara terkait hal ini. Elite Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberitahukan perkembangan kondisi kadernya yang juga menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Dasco menyebut Edhy memang sempat masuk ruang ICU, dan kini kondisinya sudah negatif virus Corona.

"Bahwa benar yang bersangkutan Saudara Edhy Prabowo terkena COVID-19. Saudara Edhy Prabowo pertama-tama ditangani oleh RS Polri Kramat Jati dan lalu kemudian dipindahkan ke RS AD atau RSPAD," kata Dasco dalam keterangannya, Rabu (16/9).

Dasco memastikan keadaan Edhy saat ini baik-baik saja. Menurutnya, Edhy dalam keadaan sadar saat dimasukkan ke ruang ICU.

"Saudara Edhy Prabowo kemudian dirawat secara intensif dan keadaannya sekarang baik-baik saja. Memang sempat dimasukkan di ICU dengan tujuan untuk perawatan lebih baik dan dalam keadaan sadar," ungkap Dasco.

3. Menteri Agama Fachrul Razi

Terbaru, ialah Menteri Agama Fachrul Razi yang menjadi daftar ketiga menteri terpapar Corona. Fachrul Razi diketahui positif dari hasil swab pada 17 September. Kondisi Fachrul Razi kini dilaporkan baik.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun, alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," terang Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, dalam keterangannya, Senin (21/9/2020).

Fachrul Razi kini tengah isolasi mandiri. Fachrul Razi yang terkonfirmasi positif Corona mematuhi protokol kesehatan dengan isolasi mandiri.

"Meskipun dalam kondisi yang baik, saat ini Menag tengah menjalani proses isolasi dan istirahat. Ini bagian dari wujud komitmen beliau dalam menaati peraturan protokol kesehatan dan memutus mata rantai kemungkinan penyebaran. Kami mohon doa dari masyarakat, semoga prosesnya berjalan lancar serta Menag bisa lekas sembuh, semoga hasil swab berikutnya negatif, sehingga Menag dapat menjalankan tugas-tugasnya kembali," lanjutnya.

Jubir Kementerian Agama, Oman Fathurahman, menambahkan, Menag sementara ini akan berfokus menjalani proses isolasi dan pemulihan kesehatan. Untuk pelaksanaan tugas birokrasi, Menag sudah mengkoordinasikan dan sekaligus mendelegasikannya kepada Wakil Menteri Agama, serta memberi arahan kepada para pejabat terkait.

"Pelaksanaan program Kemenag, utamanya dalam ikut mencegah penyebaran COVID-19 di lembaga pendidikan agama dan keagamaan serta lembaga keagamaan menjadi perhatian Menag. Beliau minta agar itu berjalan dengan baik. Bantuan yang disalurkan juga agar tepat sasaran dan akuntabel," ujar Oman menyampaikan pesan Menag.

"Menag minta agar program-program dan layanan keagamaan tetap berjalan. Koordinasi akan tetap dilakukan melalui daring," lanjutnya. (detik)



 
Berita Lainnya :
  • Menag Fachrul Razi Jadi Menteri Ketiga yang Terpapar Corona
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved