www.warnariau.com
Malaysia Perpanjang Masa Lockdown Hingga 14 April
Rabu, 25/03/2020 - 16:16:40 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM -- Pemerintah Malaysia memperpanjang masa pembatasan wilayah (lockdown) hingga 14 April 2020. Semula Malaysia menetapkan kebijakan lockdown sejak 18 hingga 31 Maret 2020 untuk menekan laju penyebaran virus corona.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menetapkan masa perpanjangan dilakukan karena ada potensi peningkatan infeksi corona lebih tinggi jika warga sudah diperbolehkan beraktivitas normal.

"Saya diberikan masukan oleh Majelis Keselamatan Negara bahwa peningkatan pasien positif Covid-19 kedepannya bisa meningkat lebih tinggi sehingga kami mengimbau warga untuk tetap berada di rumah hingga 14 April," tulis Muhyiddin dalam keterangan resmi, Rabu (25/3).

Ia tidak dapat memastikan jika setelah 14 April pemerintah Malaysia akan menghentikan kebijakan lockdown.

Terkait hal itu, Muhyiddin mengatakan akan melakukan evaluasi lebih lanjut untuk menentukan kebijakan membuka kembali wilayah atau kembali memperpanjang lockdown.

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19, Kementerian Kesehatan Malaysia telah menyiagakan 3.585 tempat tidur di 34 rumah sakit.

Selain itu, Muhyidin juga mengatakan sekitar 34 persen kapasitas di rumah sakit telah digunakan untuk merawat pasien yang dinyatakan mengidap Covid-19. Muhyiddin juga mengatakan jika tim medis akan proaktif melakukan pemeriksaan, karantina, dan merawat pasien Covid-19.

"Kementerian Kesehatan akan meningkatkan kapasitas tes virus corona pada skala yang lebih besar. Termasuk melakukan tes massal khususnya di kawasan yang berisiko tinggi," ujarnya menambahkan.

Muhyiddin mengakui jika warga sudah mulai jenuh menghabiskan waktu berhari-hari di rumah. Namun ia memastikan keperluan dasar seperti makanan, air, listrik, komunikasi, dan logistik akan tetap terpenuhi.

"Pasokan makanan, listrik, air, pengumpulan sampah, pembuangan limbah, fasilitas komunikasi dan logistik serta keselamatan dan keamanan publik dipastikan semua mencukupi," ujar Muhyiddin.

Malaysia mencatat penyebaran virus corona hingga Rabu (25/3) mencapai 1.796 atau bertambah 172 kasus baru dengan 17 kematian. Jumlah tersebut meningkat drastis dalam sepekan terakhir dari sebelumnya 673 kasus.(CNN Indonesia)



 
Berita Lainnya :
  • Malaysia Perpanjang Masa Lockdown Hingga 14 April
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    3 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    4 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    5 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    9 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    10 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved