www.warnariau.com
Berikut 6 Strategi Besar Redesain Tranformasi Ekonomi Indonesia Pasca Covid-19
Selasa, 04/05/2021 - 15:02:38 WIB



PEKANBARU, WARNARIAU.COM - Pandemi sejak tahun lalu berimplikasi pada kesehatan masyarakat dan juga secara luas mengganggu kinerja pembangunan baik di daerah maupun di tingkat nasional. Kontraksi ekonomi yang dialami Indonesia pada tahun 2020 memiliki resiko bagi ekonomi Indonesia untuk kembali masuk ke dalam kategori lower middle income.

"Karena itu kita perlu bekerja keras kerja cerdas dan segera melakukan penyesuaian dalam rencana pembangunan kita termasuk melakukan desain ulang terhadap strategi transformasi ekonomi Indonesia," katanya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharno Monoarfa saat Musyarawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2021 secara Virtual, Selasa (4/5/2021).

Ia menyebutkan bahwa Bappenas telah menyiapkan 6 strategi besar dalam redesain tranformasi ekonomi Indonesia pasca Covid-19 yang menggunakan tujuan pembangunan berkelanjutan sebagai instrumen utama. Keenam strategi ini merupakan game changer untuk menuju Indonesia maju sebelum tahun 2045.

"Saat ini Bappenas sedang menyelesaikan rencana peta jalan transformasi ekonomi Indonesia yang diharapkan selesai dalam waktu dekat," terangnya.

Ia berharap pada tahun 2022 menjadi tahun pertama bagi Indonesia lepas dari tekanan pandemik dan merupakan kunci bagi pemantapan pemulihan ekonomi. Indonesia membutuhkan pertumbuhan rata-rata 6% untuk membawa Indonesia menjadi negara maju dan lepas dari middle income Trap sebelum tahun 2045.

"Dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi tantangan Indonesia tidak saja pemulihan ekonomi nasional namun juga transformasi ekonomi dalam jangka menengah dan panjang yang harus dilakukan sejak sekarang dengan merubah struktur perekonomian dan meningkatkan produksi masing-masing sektor," ucapnya.

Adapun 6 strategi besar dalam redesain tranformasi ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan diantaranya adalah Sumber daya Manusia berdaya saing, produktivitas sektor ekonomi, ekonomi hijau, transformasi digital integrasi ekonomi domestik dan pemindahan Ibu Kota Negara.(*)



 
Berita Lainnya :
  • Berikut 6 Strategi Besar Redesain Tranformasi Ekonomi Indonesia Pasca Covid-19
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved