www.warnariau.com
TKN Persilakan Bawaslu Telusuri Kepala Daerah Tak Izin Cuti di Kampanye Jokowi
Kamis, 11/04/2019 - 15:20:07 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mempersilakan Bawaslu menelusuri para kepala daerah di Padang, Sumatera Barat, yang tidak mengajukan cuti di kampanye mereka. TKN yakin kepala daerah tahu aturan berkampanye.

"Soal adanya dugaan tidak cuti kepala daerah di Padang, silakan saja Bawaslu menelusurinya. Kami yakin para kepala daerah itu bukan tidak tahu aturan. Mereka tahu aturan soal kapan mereka berkampanye," kata juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Kamis (11/4/2019).

Menurut Ace, TKN sudah memberikan arahan kepada setiap kepala daerah yang mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf untuk mengajukan cuti terlebih dahulu kepada pihak terkait jika akan berkampanye.

"Arahan TKN jelas bahwa kepala daerah dan termasuk juga para menteri yang berkampanye untuk terlebih dahulu cuti. Itu sudah biasa dilakukan oleh mereka," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebagian dari kepala daerah tampil dalam kampanye pasangan Jokowi-Ma'ruf di Padang, Sumbar, Selasa (9/4) lalu tak memiliki izin cuti. Selain itu kepala daerah tersebut juga tidak tercantum sebagai juru kampanye, namun ikut berorasi politik di atas panggung.

"Kami tidak menerima salinan izin cuti. Kami terima STTP (Surat Tanda Terima Pemberitahuan) dari kepolisian. Dalam STTP tertulis nama juru kampanye. Dan, kepala daerah itu tidak ada dalam daftar juru kampanye," jelas Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen kepada detikcom, Kamis (11/4).

Kepala daerah yang hadir dan bergantian menyampaikan orasi politik itu adalah Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati 50 Kota, Irfendi Arbi, Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska, Wali Kota Pariaman Genius Umar, Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake dan Wali Kota Solok Eri Zulfian.

Jokowi maupun Ma'ruf sendiri tidak hadir dalam kampanye tersebut. TKN mengirim Wakil Menteri ESDM, Archandra Thahar dan Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Rohmin Dahuri sebagai juru kampanye. Selain itu juga terlihat Ketua SKK Migas, Dwi Sutjipto.

Berdasarkan keterangan Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin, ada 12 bupati (sebelumnya ditulis 11 bupati), wali kota dan wakil wali kota yang ikut kampanye. Dalam catatan Biro Pemerintahan, Kepala Biro Humas Pemprov Sumatera Barat Jasman Rizal mengatakan hanya 9 kepala daerah yang cuti kampanye pada saat kampanye tersebut. Artinya, ada 3 kepala daerah yang tidak memiliki izin. (detik)



 
Berita Lainnya :
  • TKN Persilakan Bawaslu Telusuri Kepala Daerah Tak Izin Cuti di Kampanye Jokowi
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    2 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    3 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    4 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    5 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    6 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    7 Sekdes Desa Buluhcina Jarang Masuk Kantor, Ini Tanggapan Kades
    8 Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
    Polda Riau Bekuk 4 Polisi Pengedar Narkoba
    9 Dua Pelaku Pemerkosa dan Pemenggal Kepala di Siak Ditangkap
    10 Jadi Pengemis & Ditangkap Dinsos Jakarta, Marshanda Tidak Malu Mengakui Orang Ini Ayahnya
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved