www.warnariau.com
Mentan Akan Berkunjung ke Pekanbaru untuk Sapa Duta Petani Milenial
Rabu, 29/09/2021 - 11:44:43 WIB



PEKANBARU, WARNARIAU.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akan berkunjung ke Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Siak. Mentan akan menyapa para duta petani milenial di tiga kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

"Mentan akan berkunjung ke Provinsi Riau untuk menyapa duta-duta petani milenial dan duta petani andalan di Pekanbaru, Siak, dan Kampar. Kegiatan ini sudah masuk program nasional," kata Direktur PT Sarana Pangan Madani (SPM) Kota Pekanbaru Ade Daulay, Selasa (28/9).

Sebelum berkunjung ke Riau, Mentan Syahrul Yasin Limpo berharap agar Riau menyediakan 250 petani milenial di tiap kabupaten dan kota. Namun, Pekanbaru bisa menyediakan 1.000 petani milenial hari ini.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Profesor Dedi Nursyamsi yang hadir secara virtual dalam kegiatan Gerakan 1.000 Petani Milenial di Aula Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (28/9), mengatakan, Indonesia memiliki bonus demografi. Artinya, petani yang berusia produktif antara 40-45 tahun berjumlah 70 persen dari penduduk Indonesia.

Tapi dalam 10 tahun atau 20 tahun yang akan datang, situasi berbalik. Petani yang produktif saat ini akan memasuki masa pensiun atau usia tidak produktif.

Sebaliknya, petani muda yang belum terlalu produktif akan masuk usia produktif. Tapi jumlahnya hanya sekitar 30 persen saja.

Oleh karena itu, regenerasi pertanian harus dilakukan mulai saat ini. Petani yang ada saat ini merupakan tamatan SD.

Dari 34 juta petani, ternyata 69 persen lulusan SD, tidak lulus SD, bahkan tidak sekolah. Hanya 1,5 persen saja yang lulus perguruan tinggi, baik D3 maupun S1.Artinya, petani didominasi petani tua dengan hanya lulusan SD.

"Tidak mungkin tujuan pertanian bisa menyediakan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia, meningkatkan kesejahteraan petani, dan menggenjot ekspor yang dibebankan kepada petani tua dengan hanya tingkat pendidikan SD. Tidak mungkin," ucap Profesor Dedi.

Oleh karena itu, tugas untuk mencapai pembangunan pertanian harus dibebankan kepada petani milenial. Para petani milenial harus sadar dan siap untuk menerima regenerasi petani.

"Karena sesungguhnya pembangunan pertanian ada di tangan kalian. Masa depan pertanian ada di pundak petani milenial," sebut Profesor Dedi.(*)



 
Berita Lainnya :
  • Mentan Akan Berkunjung ke Pekanbaru untuk Sapa Duta Petani Milenial
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    10 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved