www.warnariau.com
Harga Beras Naik, Disperindag Pekanbaru Imbau Warga Beralih ke Beras Premium Pemerintah
Senin, 11/09/2023 - 16:00:38 WIB



TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Harga beras di Kota Pekanbaru kembali naik, mencapai Rp1 ribu hingga Rp3 ribu per kilogram. Kondisi itu pun dikeluhkan masyarakat akibat kenaikan yang cukup tinggi.

Menyikapi hal itu, Kadisperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin mengakui, terjadi kenaikan harga beras. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) terkait permasalahan tersebut.

Masyarakat bisa beralih ke beras premium yang disediakan pemerintah dengan harga jauh lebih murah dibandingkan beras premium. Ada beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

"Termasuk beras SPHP, beras premium yang dari pemerintah juga alami kenaikan, dari yang sebelumnya hanya Rp9 ribuan naik menjadi Rp11.500. Kemarin kita dengan Bulog sudah mengecek, jadi beras ini lah yang bisa membantu masyarakat sekarang," ujar Ami sapaan akrabnya, Senin (11/9/2023).

Menurutnya, beras yang disediakan pemerintah ini cukup berkualitas dan rasanya cukup baik saat dimasak. Masyarakat bisa beralih ke beras tersebut dibandingkan harus membeli beras premium lainnya seharga Rp15-16 ribu per kilogram.

Untuk ketersediaan beras SPHP itu kata Ami, stoknya mencukupi. Beras itu sudah tersedia di seluruh pasar rakyat. Mereka telah mendistribusikan ke sejumlah pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saya cek kemarin ke gudang Bulog 3.600 ton lebih ketersediaan beras ini. Yang dalam perjalanan ke pekanbaru ada 1.500 ton lebih. Jadi untuk kebutuhan hingga 3 bulan ke depan ini masih bisa memenuhi kebutuhan warga pekanbaru," sebutnya.

Ia menilai, kenaikan beras ini terjadi karena adanya gagal panen di daerah penghasil. Ada pengaruh cuaca yang menyebabkan gagal panen sehingga suplay kurang ke produsen menyebabkan harga naik.

Selain beras kata Ami, komoditi lain yang mengalami kenaikan harga yakni cabai hijau. Sementara untuk harga cabai merah, bawang merah dan bawang putih mulai berangsur normal.

Meski begitu, pihaknya tetap bersama satgas pangan akan mengawasi sejumlah komoditi di pasaran. Mereka mengawasi mulai dari distributor untuk mengantisipasi penimbunan barang yang menyebabkan kelangkaan.(hrc)



 
Berita Lainnya :
  • Harga Beras Naik, Disperindag Pekanbaru Imbau Warga Beralih ke Beras Premium Pemerintah
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Target PKS Kampar 2024: Menang Pileg, Kuasai Parlemen, Tamaruddin Bupati
    2 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    3 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    4 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    5 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    8 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    9 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    10 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved