www.warnariau.com
APP Sinar Mas Turunkan Heli WB dan 170 Personel
Pemadaman di Desa Rawang Air Putih Siak Terkendala Cuaca Ekstrem
Kamis, 15/08/2019 - 12:19:47 WIB



SIAK, WARNARIAU.COM - Sudah satu minggu lebih kebakaran terjadi pada lahan sawit milik masyarakat di Desa Rawang Air Putih Kabupaten Siak. Cuaca panas dan hembusan angin serta areal terbakar yang merupakan kawasan gambut semakin memakan waktu penanganan sehingga Tim Satgas Karhutla mengalami hambatan.

Segala upaya dari memadamkan melalui tim darat Baik Manggala Agni, BPBD, TNI/Polri, MPA dan Tim Satgas juga mendapatkan bantuan pemadaman dari Tim TRC dan RPK PT BKM, RML juga APP Sinar Mas telah dilakukan. Hingga menurunkan Heli Water Bombing milik Satgas Karhutla Riau dan Heli WB Superpuma dari Sinar Mas, namun dikarenakan cuaca lumayan ekstrim dan hembusan angin serta kawasan yang terbakar merupakan kawasan gambut, Tim Pemadaman dari berbagai komponen membutuhkan waktu relative lama untuk memadamkan.

Menurut Koordinator TRC (Tim Reaksi Cepat) dan RPK dari APP Sinar Mas, Richard (42), mereka sudah lebih 1 minggu di lapangan dan memonitor hingga membantu pemadaman karhutla yang diduga areal perkebunan sawit di Desa Rawang Air Putih Kabupaten Siak.

"Kami tidak tahu lahan milik siapa ini, biarlah pihak terkait yang menentukannya. Disamping kita membantu masyarakat dan pemerintah daerah memadamkan api yang di luar konsesi mitra perusahaan kita, sekaligus juga kita berusaha menghambat api agar tidak masuk ke kawasan mitra perusahaan kita. Saat ini kita menurunkan 170 orang anggota RPK dan TRC dari APP Sinar Mas, lengkap dengan peralatan pompa dan juga alat berat escavator. Beberapa hari kita operasikan 2 unit heli WB untuk mendinginkan areal secara bergantian ketika saat itu api hampir mendekati parit batas konsesi mitra kita. Sudah 1 minggu lebih saya dan tim tidak pulang ke posko utama kami di Perawang dan keluarga. Kami selalu berjaga dan memadamkan api di sini," kata Richard menyampaikan.

Manggala Agni sendiri mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan pemadaman dari PT Sinar Mas yang membuat sekat menggunakan alat berat dan tim pemadaman darat yang dilakukan PT Sinar Mas. "Dan pada pemadaman hari ke-15 ini, pemadaman sudah dibantu 4 heli untuk WB di lokasi ini.

Kita telah bagi beberapa posisi dan Tim Sinar Mas pada posisi barat," beber Ihsan dari Manggala Agni Kadaops Siak. (rilis)



 
Berita Lainnya :
  • Pemadaman di Desa Rawang Air Putih Siak Terkendala Cuaca Ekstrem
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    2 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    3 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    4 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    5 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    6 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    7 Sekdes Desa Buluhcina Jarang Masuk Kantor, Ini Tanggapan Kades
    8 Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
    Polda Riau Bekuk 4 Polisi Pengedar Narkoba
    9 Dua Pelaku Pemerkosa dan Pemenggal Kepala di Siak Ditangkap
    10 Jadi Pengemis & Ditangkap Dinsos Jakarta, Marshanda Tidak Malu Mengakui Orang Ini Ayahnya
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved