www.warnariau.com
PT RAPP Bangun Kiosplus Kreatif Nanas, Ternyata Budidaya Nenas Bisa Lebih Menguntungkan
Minggu, 13/05/2018 - 11:40:38 WIB
Serahterima bantuan dan peresmian Kiosplus Kreatif Terpadu Nanas, dari PT RAPP kepada Kelompok Tani Bina Tani disaksikan Pemkab Siak, Kamis (10/5), di Kampung Penyengat, Sungai Apit, Kabupaten Siak.




SIAK, WARNARIAU.COM - Masyarakat di Kampung Penyengat memilih untuk membudidayakan tanaman nanas. Program budidaya nanas tersebut dinilai lebih menguntungkan ketimbang komoditas lainnya, termasuk tanaman kelapa sawit. Agar produktifitasnya terus meningkat, sebuah Kiosplus Kreatif budidaya nanas dibangun untuk para petani.

"Kiosplus ini diharapkan mampu menambah semangat petani nanas dan meningkatkan kapasitas para petani dalam pengolahan nanas, sehingga berujung pada peningkatan pendapatan", kata Direktur Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Marzum Hamid, Kamis (10/5/2018), di Kampung Penyengat, Kabupaten Siak.

Marzum menambahkan dengan adanya Kiosplus Kreatif ini kegiatan budidaya nanas oleh Kelompok Tani (Koptan) Bina Tani bisa lebih terorganisir dan termonitor dengan baik. Diharapkan ke depannya usaha ini mulai fokus pada hilirisasi produk nanas dengan bantuan pendampingan atau pelatihan dari CD officer RAPP.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Siak, Alfedri berharap program budidaya nanas bisa dikembangkan lebih maju lagi.

"Mudah-mudahan akan ada industri pengolahan nanas sehingga buahnya tidak hanya dijual secara langsung, tapi ada produk turunannya juga memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat", ujar Alfedri yang sempat mencicipi berbagai produk olahan nanas seperti keripik dan lain-lain.

Alfedri menjelaskan program ini merupakan kelanjutan program panen raya nanas seluas 148 hektar beberapa waktu lalu di Sungai Rawa, Tanjung Kuras dan sejumlah lokasi lainnya. Pihaknya berharap program CD RAPP dapat terus dikembangkan di Kampung Penyengat dan sekitarnya.

Program budidaya nanas ini dimulai dari 20 orang petani pada awal 2017 lalu dan sekarang berkembang menjadi 147 petani. Melalui program CD, RAPP juga telah menyalurkan sejumlah bantuan di antaranya bibit nanas dan 40 sak pupuk TSP dan KCl untuk dikelola oleh Kelompok Tani. Selain itu, sebanyak 80 ribu bibit nanas telah disalurkan di Desa Teluk Lanus baru-baru ini.

Nanas ratu, yang dibudidayakan ini menjadi primadona distributor nanas, bahkan sudah dipasarkan di Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia. Selain rasanya yang khas, nanas ratu ini juga diakui lebih tahan lama dibandingkan produksi nanas lokasi lain. (rls)



 
Berita Lainnya :
  • PT RAPP Bangun Kiosplus Kreatif Nanas, Ternyata Budidaya Nenas Bisa Lebih Menguntungkan
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    3 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    4 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    5 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    9 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    10 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved