www.warnariau.com
Perangi Penyebaran Covid-19, Pemkab Rohil Bentuk Gugus Tugas
Kamis, 26/03/2020 - 07:50:26 WIB



ROHIL, WARNARIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) telah membentuk Gugus Tugas dalam menghadapi bencana wabah Covid-19 atau virus corona. Gugus tugas tersebut terdiri dari Forkopimda beserta jajaran serta para OPD di lingkungan Pemda Rohil.

"Terkait Covid-19 disampaikan bahwa masing-masing gugus tugas sedang bekerja maksimal untuk melakukan deteksi, pencegahan dan pengawasan di masing-masing Kecamatan," kata Bupati Rohil H Suyatno didampingi Plt Kadis Kominfotik Hermanto S.sos serta Kasubbag DokPim Hasnul Yamin SE, Rabu (25/3/2020).

Berbagai upaya yang telah dilakukan sebutnya, seperti pengawasan terhadap pintu masuk dari luar daerah termasuk jalur-jalur pelabuhan kecil yang dikhawatirkan sebagai pintu masuk ilegal.

Pemeriksaan terhadap orang yang masuk ke daerah Rohil melalui jalan lintas darat serta sosialisasi oleh masing-masing perangkat kecamatan maupun puskesmas yang ada.

"Harapannya kita bisa meminimalisir kondisi yang tidak kita inginkan tapi dengan cara tidak menimbulkan kepanikan di kalangan masyarakat," cakap Bupati.

Covid-19 atau virus corona sebutnya, memang membahayakan tapi bila kita disiplin pada diri sendiri terutama dimulai dengan keluarga, maka hal ini dapat kita lalui bersama.

"Jadi tidak serta merta menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Ikuti arahan dan imbauan yang berwenang agar kita bisa sama-sama memerangi momok ini," paparnya.

Dapat diinformasikan juga tambahnya, bahwa seseorang dikategorikan dengan status ODP (Orang dalam pengawasan) bila mempunyai gejala seperti demam panas, batuk serta mempunyai riwayat perjalanan dari daerah yang termasuk pandemi virus corona tapi dianjurkan isolasi mandiri di rumah.

Selanjutnya, PDP (pasien dengan pengawasan) adalah tahap selanjutnya bila tidak ada kesembuhan dari kategori ODP dan ini dirujuk ke Rumah sakit yang telah ditentukan. Untuk Kabupaten Rohil ada tiga Rumah Sakit rujukan penanganan Covid-19 yaitu RSUD Dr Pratomo di Bagansiapiapi, Rumah Sakit Cahaya di Ujung Tanjung serta Rumah Sakit Indah di Bagan senembah.

Untuk data terakhir katanya, terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Rohil ada sekitar 216 orang per tanggal 23 Maret 2020 dengan status ODP yang masih dilakukan mitigasi dan pengawasan oleh gugus tugas terkait.

"Ada fluktuasi dari data jumlah tersebut karena banyak juga yang telah dinyatakan sehat dari kategori ODP dan untuk suspect bahkan positif masih nihil," terangnya.

Saat ini juga, Pemkab Rohil melalui gugus tugasnya juga masih konsentrasi akan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas garis depan bila terjadi suspect kasus covid 19 dan harapannya nanti alat ini bisa mengamankan petugas dilapangan dari hal yang tidak kita inginkan.

Pemkab Rohil juga menyampaikan agar masyarakat tetap waspada dan tidak panik menghadapi wabah ini sambil tetap berdoa dan hindari keluar rumah atau berkumpul yang tidak perlu.(cakaplah)



 
Berita Lainnya :
  • Perangi Penyebaran Covid-19, Pemkab Rohil Bentuk Gugus Tugas
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Empat Bupati dan Walikota Pekanbaru Tak Terlihat di Rakor Karhutla Riau
    2 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    3 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    4 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    5 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    6 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    7 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    8 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    9 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    10 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved