www.warnariau.com
Meranti Dukung Pengembangan Pariwisata Halal Riau
Rabu, 10/04/2019 - 08:02:35 WIB



SELATPANJANG, WARNARIAU.COM - Propinsi Riau berhasil meraih rangking tiga nasional sebagai destinasi pariwisata halal di Indonesia.

Kepulauan Meranti akan turut mendukung pengembangan pariwisata halal yang ada di daerah tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) akan menerapkan konsep muslim friendly tourism untuk mendukung hal tersebut.

Dimana konsep tersebut bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar minimal terhadap wisatawan muslim, sehingga mereka mudah mendapatkan fasilitas dan produk halal.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Rizki Hidayat mengatakan akan segera merumuskan terhadap pelayanan pariwisata halal di Kepulauan Meranti.

Rizki menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada pelayanan wisata halal itu, seperti memastikan setiap menu di hotel bagi tamu sudah terjamin halal dan bebas dari bahan baku non halal.

"Akan kita siapkan regulasinya untuk mengatur tempat makan yang melayani produk halal, sehingga wisatawan tidak ragu dan khawatir dalam mengkonsumsi makanan, antara halal dan tidak akan kita bedakan dengan memberi label di tempat makan tersebut," kata Rizki Hidayat.

Untuk fasilitas publik terkait wisata juga akan diupayakan pengelompokan yaitu bagi wisatawan berkeluarga atau dengan muhrim, dan non muhrim sehingga tidak bercampur antar keduanya.

"Disetiap fasilitas nantinya akan kita siapkan tempat wudhu, tempat sholat. Selain itu di tempat keramaian juga akan kita umumkan melalui pengeras suara tanda masuknya waktu sholat," ujar Rizki.

Terkait pelaksanaannya, Rizki mengatakan pihaknya saat ini sedang merumuskan sesuatu dengan memanggil pihak terkait.

"Banyak yang mau kita benah. Kalau untuk diterapkan, saat ini sudah bisa dilaksanakan, tinggal menunggu beberapa hal yang perlu disiapkan. Dan setiap pengusaha hotel dan restoran juga akan kita mintakan pendapat mereka," ujar Rizki.

Selain pelayanan bersifat halal yang akan disuguhkan kepada wisatawan, Pemkab Kepulauan Meranti juga akan menonjolkan wisata halal seperti objek wisata yang bernuansa Islam sebagai ciri khas budaya Melayu yang memberikan pengalaman berwisata syariah bagi para pengunjungnya.

"Selain pelayanan yang bersifat halal, kita juga perlu memperlihatkan objek wisata bernuansa Islami. Saat ini kita sedang memikirkan apa yang mau kita tonjolkan. Ciri khas kebudayaan Melayu di Meranti yang ada nuansa Islami nya," kata Rizki.

"Saat ini yang sudah ada dan akan kita kembangkan adalah Mandi Safar di Tasik Nambus, namun itu perlu kita duduk bersama lagi. Budaya Melayu itu identik dengan Islam, sehingga kita optimis pengembangan wisata halal di Riau khususnya Meranti bisa berkembang dengan baik," katanya lagi.

Sementara itu anggota Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, Dedi Putra mendukung penuh terhadap penerapan wisata halal di Meranti guna mendukung pengembangan wisata halal di Propinsi Riau.

"Penerapan wisata dengan konsep halal itu sangat bagus. Karena hal ini berkaitan dengan kita sebagai orang Melayu yang kental dengan Islam. Untuk itu apapun program pemerintah untuk menerapkan ini, DPRD akan mendukungnya," ungkap Dedi.(halloriau)



 
Berita Lainnya :
  • Meranti Dukung Pengembangan Pariwisata Halal Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    6 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    7 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    8 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    9 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    10 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved