www.warnariau.com
Pemdes Banglas Bentuk Pengurus Bina Keluarga Lansia
Kamis, 01/02/2018 - 08:57:32 WIB



SELATPANJANG, WARNARIAU.COM - Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, telah ditetapkan sebagai Desa Siaga percontohan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Untuk memaksimalkan program itu, di Desa ini telah dibentuk Pengurus Bina Keluarga Lanjut Usia (Lansia), Selasa 30 Januari 2018 kemarin.

Rapat pembentukan itu dipimpin langsung Kepala Desa Banglas, Samsurizal, SH bersama Pembina Posyandu yang juga Ketua BPD Banglas, Siti Nurbandini. Rapat berhasil memilih Ketua, Sekretaris, Bendahara dan anggota Pengurus.

Kepala Desa dalam sambutannya mengatakan, Kepengurusan Bina Keluarga Lansia wajib dibentuk karena Desa Banglas sudah ditetapkan sebagai Desa Siaga percontohan. Melalui program itu, diharapkan tingkat kesehatan keluarga lanjut usia lebih terjamin.

"Nantinya program kepengurusan ini akan bekerja sama dengan unsur-unsur terkait lainnya, seperti Puskesmas, Bidan Desa, Pembina Posyandu, Pengurus Desa Siaga dan Pemerintah Desa Banglas sendiri, terutama dalam kegiatan pendataan Lansia," ungkapnya.

Terpilih sebagai Pengurus Bina Keluarga Lansia Desa Banglas, Ketua Sumaryana, Sekretaris Nurmah dan Bendahara Sa'diah. Sedangkan anggota Pengurus, yakni Lilis Suryani, Aisyah, Dedelia dan Jumiati.

Sementara itu staf PKM Puskesmas Alahair, Jijorita Girsang, SKM menjelaskan, Pengurus Bina Keluarga Lansia akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari petugas Puskesmas, Bidan Desa dan Pembina Posyandu, dalam rangka memberikan pelayanan kepada para Lansia.

Adapun para Lansia yang akan mendapatkan pelayanan terbagi dalam tiga kategori, yakni kategori usia 45 sampai 59 tahun, kategori 60 sampai 69 tahun dan kategori 70 tahun keatas yang disebut dengan Lansia Resti atau Beresiko Tinggi.

"Nantinya pelayanan yang akan kita berikan berupa konsultasi kesehatan, ukur tinggi dan berat badan, cek tensi dan lainnya," jelas Jijorita Girsang.

Diungkapkannya pula, Desa Banglas dipilih sebagai Desa Siaga percontohan karena pelaksanaan kegiatan Posyandu di Desa ini dinilai cukup baik, setelah Posyandu Tambak Udang Desa Banglas menjadi Posyandu Terbaik di wilayah kerja Puskesmas Alahair.

"Atas prestasi tersebut, Posyandu Tambak Udang Desa Banglas tidak hanya menerima penghargaan berupa tropi dan piagam pada acara beberapa waktu lalu, namun juga akan kami serahkan bantuan berupa peralatan pelayanan Posyandu," ujarnya.

Hadir pula pada acara Sosialisasi Desa Siaga dan Pembentukan Pengurus Bina Keluarga Lansia itu, Sekretaris LPM Desa Banglas, Susanto, Bidan Desa, Rionita, Ketua Pengurus Desa Siaga, Indra, para Kader Posyandu, Kepala Dusun, Ketua RT, RW dan staf Puskesmas Alahair lainnya. (mediacenter)



 
Berita Lainnya :
  • Pemdes Banglas Bentuk Pengurus Bina Keluarga Lansia
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    6 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    7 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    8 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    9 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    10 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved