www.warnariau.com
Bupati Meranti Buka MTQ Ke-10 Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi
Senin, 23/04/2018 - 11:09:19 WIB



MERANTI, WARNARIAU.COM - Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M.Si membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-10 tingkat Kecamatan Tebing Tinggi. Kegiatan dalam rangka meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Kitabullah itu, dipusatkan di halaman Masjid Ar-Rahmah, Desa Banglas, kemarin.

Hadir dalam kegiatan itu, Asisten III Setdakab Meranti H. T. Akhrial, Camat Tebing Tinggi, Rizki Hidayat, perwakilan Polres Meranti, Kepala Kemenag Meranti Darwis, Perwakilan Kejari Meranti, Ketua MUI, Mustafa, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Meranti, Ketua LPTQ Meranti Zulkhairil dan Ketua MKA LAMR Meranti, Ridwan Hasan.

Kegiatan diawali dengan Penyerahan piala bergilir MTQ Kecamatan Tebing Tinggi kepada panitia penyelenggara untuk diperebutkan kembali. Selanjutnya Pembukaan MTQ Ke-10 tingkat Kecamatan Tebing Tinggi yang ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M.Si bersama unsur Forkopimda.

Dalam pidatonya dihadapan hadirin yang hadir, Bupati Kepulauan Meranti mengucapkan apresiasinya kepada Kecamatan Tebing Tinggi, Pemdes Banglas dan pengurus Masjid Ar-Rahmah selaku penyelenggara yang telah berhasil menyelenggarakan MTQ Ke-10 Kecamatan Tebing Tinggi yang cukup luar biasa baik dari segi kelengkapan maupun penampilan.

"MTQ tingkat Kecamatan Tebing Tinggi ini serasa MTQ tingkat Kabupaten, terima kasih kepada Kecamatan dan pengurus Masjid Ar-Rahmah yang telah menyelenggarakan acara ini," ucap Bupati.

Dijelaskan Bupati Irwan, kegiatan MTQ yang tiap tahun dilaksanakan ini merupakan suatu upaya Pemerintah Daerah dalam rangka menggalakkan baca Al-Quran sebagai sumber dari segala ilmu di tengah masyarakat.

"Yang kita inginkan bagaimana masyarakat Kepulauan Meranti dapat menjadi masyarakat yang Qurani," ucap Bupati.

Selain itu, Bupati Irwan juga berharap, dengan diselenggarakannya MTQ kali ini dapat melahirkan Qori dan Qoriah terbaik di Kecamatan Tebing Tinggi, sehingga dapat melestarikan baca Al-Quran dan kualitasnya dapat meningkat dari tahun ketahun.

Ia juga mengingatkan dalam baca Al-Quran bukan saja dituntut untuk membaca dengan baik, tetapi juga harus memmahami artinya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

Seperti diketahui, dengan desakan ekonomi saat ini yang semakin diperparah oleh serangan Narkoba dan penyakit masyarakat lainnya, tentu berbahaya bagi perkembangan mental dan moral generasi muda, untuk itu dengan semakin gencarnya pembacaan Al-Quran dapat menjadi salah satu pembendungnya.

Pada acara yang meriah itu, Bupati meminta kepada seluruh masyarakat Tebing Tinggi untuk dapat menghadiri kegiatan ini hingga akhir, serta mendengarkan bacaan Al-Quran yang dilantunkan oleh para Qori dan Qoriah dengan baik, agar sama sama mendapat keberkahan.

"Saya ingatkan dalam rangka mewiridkan Al-Quran ada adab yang harus dilakukan, yakni harus diam, menyimak wahyu Illahi dengan baik serta pahami maknanya karena dengan mendengarkannya juga mendapat berkah," ucap Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengucapkan apresiasinya kepada pengurus Masjid Ar-Rahmah yang telah membuka kelas Hafiz, kedepan dalam rangka mendukung program Kecamatan Tebing Tinggi yang akan menjadikan Selatpanjang sebagai Kota Hafiz, Pemkab Meranti akan membantu membangunkan MDA di area Masjid Ar-Rahmah.

"Pengurus Masjid Ar-Rahmah akan membuka kelas Hafiz dalam rangka mencetak para Hafiz dan Hafizoh dan kita dari Pemda akan mendukung kegiatan itu secara langsung, mari para orang tua kita hidupkan dan sekolahkan putra putri kita di MDA," ungkapnya, seraya mengajak para ulama dan orang tua untuk mendukungnya.

Bupati juga menyinggung perihal isu yang dilancarkan oleh oknum terkait tak bolehnya MDA melakukan pungutan, orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu angkat bicara, dimana dari hasil koordinasi dirinya dengan Kakan Kemenag Meranti, MDA merupakan sekolah Non Formal yang bisa didirikan oleh siapa saja, oleh karena itu diperbolehkan melakukan pungutan kepada murid.

Terakhir dengan ditunjuknya Meranti sebagai tuan rumah STQ tingkat Provinsi Riau Tahun 2018 pada bulan Desember mendatang, Bupati meminta dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat, sehingga apa yang diharapkan yakni bukan hanya sukses pelaksanaan tetapi hendaknya juga tampil menjadi juara umum. Hal itu bukan tidak mungkin karena sudah 4 kali berturut turut mengikuti ajang MTQ tingkat Provinsi, Kafilah Meranti selalu menjadi juara umum 2.

Hal senada juga dikatakan oleh Camat Tebing Tinggi, Rizky Hidayat, ia berharap melalui MTQ kali ini dapat lebih meningkatkan prestasi Kecamatan Tebing Tinggi yang sudah 4 kaki keluar sebagai juara umum MTQ tingkat Kabupaten.

Sekedar informasi, seperti dikatakan Ketua Panitia Aziz Efendi tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan syiar islam, meningkatkan ukhuah islamiah, ajang seleksi Qori dan Qoriah yang akan diikutsertakan pada ajang yang lebih tinggi, serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap baca Al-Quran.

Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M.Si juga berkesempatan penyerahkan bantuan Al-Quran terjemah untuk Masjid Ar-Rahmah yang diterima langsung oleh Ketua Pengurus Masjid Ar-Rahmah Ustad Aljufri. (mediacenter)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Meranti Buka MTQ Ke-10 Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    6 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    7 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    8 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    9 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    10 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved