www.warnariau.com
Stok Minyak AS Susut Bikin Harga Minyak Dunia Melesat
Rabu, 28/08/2019 - 08:25:14 WIB



JAKARTA, WARNARIAU.COM -- Harga minyak mentah dunia menanjak pada perdagangan Selasa (27/8), waktu Amerika Serikat (AS). Penguatan dipicu oleh ekspektasi berkurangnya persediaan minyak mentah AS.

Dilansir dari Reuters, Rabu (28/8), harga minyak mentah berjangka Brent menguat US$0,81 atau 1,4 persen menjadi US$59,51 per barel. Penguatan juga terjadi pada harga mknyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) sebesar US$1,29 atau 2,4 persen menjadi US$54,93 per barel.

Pada perdagangan pascapenutupan (post-settlement), harga berlanjut penguatan, seperti Brent yang menyentuh level US$59,88 per barel dan WTI US$55,45 per barel. Hal itu setelah Institut Perminyakan Amerika (IPA) merilis data penurunan persediaan minyak mentah AS yang lebih besar dari yang diperkirakan.

Pekan lalu, persediaan minyak mentah AS merosot tajam sebesar 11,1 juta barel seiring penurunan impor. Semula, penurunan diperkirakan hanya akan berkisar 2 juta barel. Data resmi akan dirilis pemerintah AS pada Rabu (28/8), waktu setempat.

Kendati demikian, penguatan harga minyak mentah di awal pekan dibatasi oleh kekhawatiran terhadap resesi dan ketidakpastian kesepakatan perdagangan AS-China.

Direktur Energi Berjangka Mizuho Bob Yawger menilai berkurangnya pasokan di tengah aktivitas pengolahan kilang yang tinggi berujung pada penguatan harga minyak. Hal itu mampu melampaui efek dari kekhawatiran terhadap tensi perdagangan yang dapat menekan permintaan.

Selama sesi perdagangan berlanjut, pasar minyak bergerak fluktuatif sebagai respons atas pergerakan indeks saham Wall Street yang sempat tertekan oleh jatuhnya saham sektor keuangan.

Kekhawatiran akan ada resesi AS juga membayangi optimisme awal tentang penyelesaian sengketa datang yang berlarut-larut pada dua perekonomian terbesar dunia.

Pada Senin (26/8), Presiden AS Donald Trump menyatakan ia meyakini kesungguhan China untuk mencapai kesepakatan.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri China Liu He menyatakan China berkeinginan untuk menyelesaikan sengketa melalui negosiasi yang tenang.

Namun, pada Selasa (27/8), kekhawatiran mengenai perdagangan kembali mengemuka setelah Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan belum mendengar pembicaraan telepon apapun antara China dan AS terkait perdagangan. Ia berharap AS menghentikan aksinya yang salah dan menciptakan kondisi untuk berbicara.

Hingga kini, harga minyak mentah di China telah merosot 20 persen dari level tertingginya pada April 2019 lalu. Kondisi itu sebagian disebabkan oleh kekhawatiran terhadap perang dagang AS-China yang menyakiti perekonomian global dan berujung pada turunnya permintaan minyak.

Pekan lalu, Kementerian Perdagangan China menyatakan bakal mengenakan tarif tambahan sebesar 5 persen atau 10 persen terhadap 5.078 produk yang berasal dari AS, termasuk minyak mentah, produk pertanian dan pesawat kecil.

Sebagai balasan, Trump meminta perusahaan AS untuk mencari cara menutup operasionalnya di China dan melakukan kegiatan produksi di AS.

"Optimisme pasar hanya akan muncul saat tinta pada perjanjian dagang baru AS-China mengering," ujar Broker Minyak PVM Tamas Varga.(CNN Indonesia)



 
Berita Lainnya :
  • Stok Minyak AS Susut Bikin Harga Minyak Dunia Melesat
  •  
    Komentar Anda :

     
    BERITA TERPOPULER
    1 Catat! ASN Pemprov Riau harus Masuk Kerja Tanggal 10 Juni Siap-siap Disanksi
    2 Gubri Open House Idul Fitri hingga Tiga Hari, Seluruh Warga Diundang
    3 Gubri Lepas 700 Santri ke Pesantren Al Fatah Magetan
    4 Inilah Deretan Acara Pelantikan Gubernur dan Wagub Riau Besok Mulai di Jakarta hingga Pekanbaru
    5 ASN Pemprov Riau Wajib Masuk 10 Juni, yang Tambah Libur Dikenakan Sanksi
    6 Hore! Mulai 1 April Pengurusan e-KTP Bisa Dilakukan Diluar Domisili
    7 Panglima TNI: Kalau Mau Pakai Jilbab Pindah ke Aceh
    8 Pemprov Riau Bertekad Awasi Terus dan Tingkatkan Disiplin Pegawai
    9 Aduh! Program Walikota Pekanbaru di Nilai Gagal
    10 Syamsuar Dukung Riau Bebas Kendaraan Odol Demi Jalan Tanpa Lubang
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar
    Redaksi Disclaimer Pedoman Media Siber Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 Warna Riau | Inspirasi Baru Berita Riau, All Rights Reserved